Re-Orientasi Sengkalan Memet Pada Karya Seni Kriya Logam Baru

Muhammad Zusron Fanani, NIM 1011546022 (2015) Re-Orientasi Sengkalan Memet Pada Karya Seni Kriya Logam Baru. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Kesimpulan.pdf

Download (804kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penciptaan Karya Tugas Akhir berjudul “Re-orientasi sengkalan memet pada karya seni kriya logam baru” merupakan sebuah wujud ekspresi ide yang diolah menjadi sebuah karya seni dengan melalui beberapa kajian estetis dan imaginasi. Sengkalan memet merupakan bentuk susunan tahun yang digunakan oleh masyarakat Jawa dulu untuk menjadi penanda akan sebuah peristiwa maupun dibangunnya bangunan penting. Di dalam Sengkalan memet terdapat susunan angka yang disimbolisasi dengan bermacam bentuk seperti naga, kala, garuda, dan lainnya yang tertulis dalam Babad Jawi. Simbol-simbol Sengkalan memet mewaliki salah satu angka dan kemudian susunan angka menjadi tahun tersebut dirangkai semua simbolnya membentuk semacam relief yang hanya dipahami oleh orang tertentu. Hal yang menarik dalam Sengkalan memet ini adalah bahwa pemilihan susunan simbol yang menjadi wakil dari angka-angka tersebut dipilih dengan mengacu pada konsep maupun makna, baik makna peristiwa yang ditandai ataupun makna bangunan atau konsep bangunan yang ditandai. Ini merupakan sebuah konsep yang luar biasa yang digunakan oleh masyarakat Jawa dahulu, sehingga dapat dipahami oleh generasi berikutnya. Karya logam ini terbagi menjadi lima karya yang semuanya merupakan sebuah Re-orientasi akan Sengkalan memet yang terdapat pada keraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo dan tempat lainnya dan dijadikan sebagai kritik akan permasalahan kekuasaan dan pengaruh globalisasi di lingkungan Keraton Yogyakarta atau Surakarta. Hasil karya seni ini adalah menggunakan beberapa bahan logam seperti tembaga, alumunium, kuningan dan galvanis, penggunaan bahan tersebut mendukung simbol-simbol serta makna yang terdapat pada karya tersebut melalui tekstur dan teknik. Semoga dengan kehadiran karya seni ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas akan Sengkalan memet baik dari segi pengertian, simbol dan bentuknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Re-orientasi, Sengkalan memet, Simbol, kebudayaan Jawa, karya logam, susunan tahun, masyarakat Jawa, naga, kala, garuda
Subjects: Kriya > Kriya Logam
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Logam
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 23 Oct 2015 02:14
Last Modified: 23 Oct 2015 02:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item