Nur Syafina, Suci (2020) Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (984kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (59kB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL.pdf Download (356kB) |
|
Video
VIDEO.mp4 Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
Abstract
Tari Golek Puspowarno merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh R.Ay. Sri Kadarjati atau K.R.T. Kusumaningrat pada tahun 2015. Tari ini pertama kali dipentaskan pada acara yang dilaksanakan di ndalem Yudhaningratan, pada Desember 2015. Tari Golek Puspowarno kemudian dikembangkan dan menjadi materi pembelajaran oleh salah satu organisasi seni yaitu Paguyuban Kesenian Suryokencono. Tari Golek Puspowarno menggambarkan tentang remaja putri yang sedang bersolek atau berhias. Puspowarno sendiri memiliki arti puspa yang berarti bunga dan warna yang berarti beragam. Bunga merupakan perlambangan wanita yang sedang mekar atau beranjak dewasa. Kemunculan tari Golek Puspowarno merupakan sebuah pengembangan dari tari Pudjoretno. Penelitian ini menggunakan pendekatan koreografi. Pendekatan koreografi dilakukan untuk melihat suatu tarian sebagai produk yang dianalisis dari segi kreografinya yaitu dari segi bentuk, teknik, dan isi. Pada aspek kebentukan tari ini akan dikupas mengenai keutuhan, variasi, repetisi, transisi, rangkaian, dan klimaks pada tari Golek Puspowarno. Konsep teknik mengupas tentang persoalan kepenarian baik dari segi sikap dan gerak pada tari Golek Puspowarno. Konsep isi mengupas tentang persoalan makna dari gerak, iringan tari, dan busana pada tari Golek Puspowarno. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa tari Golek Puspowarno ini merupakan tari klasik gaya Yogyakarta ciptaan baru yang memiliki kesederhanaan dalam ragam gerak yang digunakan, sehingga dalam tari Golek Puspowarno ini tidak banyak menggunakan variasi gerak, menggunakan repetisi gerak yang sama hanya berbeda pada gerak kaki atau tangan (kiri dan kanan), serta tempo iringan yang digunakan termasuk ajeg dan tidak banyak terlihat perubahan-perubahan irama gending.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tari Golek, Golek Puspowarno, Analisis Koreografi | |||||||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | |||||||||
Depositing User: | isti IS suratmi | |||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2020 04:28 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2020 04:28 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7141 |
Actions (login required)
View Item |