Kontekstualisasi Mata Kuliah Umum Dan Kompleksitas Problematika Seni: Bunga Rampai Bidang Seni Berdasar Rumpun Mata Kuliah Umum MPK ISI Yogyakarta

Arsita, Adya and Binawan, Heribertus and Hapsari, Prima Dona and Maryani, Zulisih and Sukaryadi, Agustinus and Tyasrinestu, Fortunata and Laksono, Kardi and Ratnaningdyah Setyowati, Lucia Ratnaningdyah and Munir, Miftahul and Suratno, Pardi and Susantina, Sukatmi and Rokhani, Umilia and Yudiaryani, Yudiaryani (2020) Kontekstualisasi Mata Kuliah Umum Dan Kompleksitas Problematika Seni: Bunga Rampai Bidang Seni Berdasar Rumpun Mata Kuliah Umum MPK ISI Yogyakarta. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-6509-72-7

[img] Text
Bunga Rampai MPK 2020 - Final.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Ilmu pengetahuan akan berkembang apabila dilakukan transfer knowledge atas keilmuan itu sendiri. Hal ini sangat disadari oleh para pendidik yang berdiri sebagai garda terdepan sebagai penyampai keilmuan itu kepada peserta didiknya. Transfer knowledge ini dilakukan oleh para pendidik, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penyampaian materi di kelas menjadi sarana langsung untuk memberikan wawasan keilmuan kepada peserta didik. Sementara itu, penyampaian keilmuan secara tidak langsung dilakukan melalui penulisan berbagai pemikiran terkait dengan bidang keilmuan yang ditekuninya. Penerbitan bunga rampai yang dilakukan oleh UPT Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (UPT MPK) sebagai salah satu program kerjanya merupakan bagian dari upaya untuk berperan aktif dalam pengembangan keilmuan itu sendiri. UPT MPK sebagai unit kerja yang memayungi mata kuliah umum menyadari bahwa pendidikan karakter menjadi bagian dari tanggung jawab yang mesti diemban dan diwujudkan. Sementara pembentukan karakter setiap insan itu tidak serta merta terbentuk ketika seorang peserta didik memasuki jenjang Perguruan Tinggi. Tentu saja, pendidikan karakter telah dibentuk pertama kali di lingkup keluarga dan lingkungan masyarakatnya. Hal ini menciptakan keragaman karakter yang harus ditemui dan dihadapi oleh pendidik atas peserta didiknya. Oleh karena itu, pembangunan karakter di lingkup Perguruan Tinggi, khususnya di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, harus senantiasa dilakukan secara kontinyu dan simultan. Proses ini tentu saja tidak serta merta berjalan dengan mudah dan mulus. Berbagai problematika terkait dengan pembangunan karakter turut menjadi bagian warna dari proses tersebut. Kompleksitas problematika pendidikan karakter tersebut juga diperkaya dengan problematika kebidangan, dalam hal ini seni, yang dihadapi, baik oleh pendidik maupun peserta didik. Data tersebut dapat dikembangkan menjadi berbagai pemikiran yang solutif sekaligus menjadi bagian dari proses transfer knowledge itu sendiri. Berbagai pemikiran ini diharapkan mampu menjadi perenungan, pemikiran, dan pertimbangan dari berbagai pihak untuk memberikan kesempatan perbaikan situasi dan kondisi, serta pengembangan karakter di lingkup bidang seni secara lebih optimal.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Arsita, Adyanidn0002057808
Binawan, Heribertusnidn0525117803
Hapsari, Prima Donanidn0008127704
Maryani, Zulisihnidn0019077803
Sukaryadi, Agustinusnidn
Tyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
Laksono, Kardinidn 0010047605
Ratnaningdyah Setyowati, Lucia Ratnaningdyahnidn0016067005
Munir, Miftahulnidn0004017605
Suratno, Pardinidn
Susantina, Sukatminidn0014115206
Rokhani, Umilianidn0024048104
Yudiaryani, Yudiaryaninidn0030065602
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kepribadian
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 17 Dec 2020 12:00
Last Modified: 08 Mar 2021 08:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7193

Actions (login required)

View Item View Item