Omega, Hanifa Agustinov (2021) Perancangan Buku Digital Ilustrasi “Crossover Folklore Nusantara”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Hanifa Agustinov Omega_2021_BAB I.pdf Download (9MB) |
|
Text
Hanifa Agustinov Omega_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (47MB) | Request a copy |
|
Text
Hanifa Agustinov Omega_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (2MB) |
|
Text
Hanifa Agustinov Omega_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (4MB) |
|
Text
Hanifa Agustinov Omega_2021_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Hanifa Agustinov Omega_2021_PERNYATAAN PERSETUJUA-PUBLIKASI.pdf Download (526kB) |
Abstract
Pada jaman dahulu cerita rakyat didongengkan secara lisan sebagai kebiasaan turun menurun dari generasi ke generasi. Sebaliknya, sekarang ini ketertarikan generasi muda terhadap cerita rakyat Nusantara mulai menurun. Banyak dari mereka yang kurang mengenal cerita rakyat dari daerah mereka sendiri dan lebih tertarik untuk mengenal budaya dari luar negeri. Cerita rakyat merupakan bagian dari kebudayaan yang memiliki banyak pesan moral dan perlu dilestarikan. Selain itu anak dapat belajar tentang keberagaman ras, suku, dan budaya di Indonesia melalui cerita rakyat Nusantara karena terdapat banyak sekali cerita rakyat dari masing-masing daerah di Indonesia dari pulau Sumatra sampai pulau Papua. Permasalahan yang ada adalah pada pengemasan visual dari cerita rakyat dan juga pada alur ceritanya. Perancangan media buku digital ilustrasi ini dipilih karena melihat kondisi jaman sekarang di mana generasi muda sangat aktif mengakses informasi di internet. Di samping itu, konsep crossover dipilih karena dibutuhkan kebaharuan dengan menawarkan gaya penceritaan yang berbeda dari buku cerita rakyat pada umumnya agar lebih menarik bagi generasi muda dan tidak lupa dilengkapi dengan nilai moral pada setiap cerita. Selain itu, untuk konsep interaktifnya sendiri memungkinkan setiap pembaca memiliki pengalaman alur cerita yang berbeda karena pembaca dibebaskan memilih alur ceritanya. Dalam perancangan buku digital ilustrasi terdapat rangkaian kisah dari 6 cerita rakyat dari daerah yang berbeda dengan konsep crossover serta gaya visual yang menarik. Selain media utama buku digital ilustrasi, terdapat media pendukung lainnya seperti konten di sosial media, pengembangan IP (Intellectual property) di beberapa media yang digemari generasi muda. Diharapkan buku digital ilustrasi crossover folklore Nusantara dapat meningkatkan ketertarikan anak muda terhadap cerita-cerita rakyat Nusantara serta timbulnya kebanggaan atas keragaman budaya Nusantara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | crossover, folklore, Nusantara, buku digital, ilustrasi, generasi muda. | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | HANIFA AGUSTINOV OMEGA | |||||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2021 07:46 | |||||||||
Last Modified: | 12 Feb 2021 07:46 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7409 |
Actions (login required)
View Item |