Transformasi Naskah Lakon Macbeth (1603-1607) Karya William Shakespeare Ke Film Throne of Blood atau Kumonosu-Jo (1957) Karya Akira Kuroswa; Kajian Ekranisasi

Arinta Agustina, NIP 19730827 200501 200 1 (2012) Transformasi Naskah Lakon Macbeth (1603-1607) Karya William Shakespeare Ke Film Throne of Blood atau Kumonosu-Jo (1957) Karya Akira Kuroswa; Kajian Ekranisasi. -.

[img]
Preview
Text
arinta jurnalPenelitian.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Karya sastra (naskah drama) yang ditransformasi ke film sudah tidak asing lagi bagi penontonnya. Hanya saja, ketika film ditayangkan, penulis karya sastra yang ditransformasi maupun pembacanya akan menemui banyak perbedaan. Hal tersebut juga ditemukan pada transformasi naskah Macbeth karya William Shakespeare ke film Throne of Blood atau Kumonosu-Jo karya Akira Kurosawa yang menjadi objek material penelitian dalam ini. Kreativitas film terhadap karya sastra aslinya disebabkan adanya perbedaan yang mendasar antara karya sastra dan film, yakni medium. Jika karya sastra menggunakan medium bahasa, maka film menggunakan medium gambar dan suara. Sehingga, ada peristiwa tertentu yang dapat dimunculkan dengan baik pada karya sastra tetapi tidak dapat dimunculkan pada film, atau sebaliknya. Penelitian ini dibatasi pada perbedaan kernel dan satelit film terhadap karya sastra aslinya sehingga terlihat perbedaan alur film terhadap karya sastra aslinya. Selanjutnya, perubahan fungsi yang menyebabkan perbedaan alur tersebut dianalisis dengan menggunakan teori intertekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kernel dan satelit film lebih sedikit dibandingkan film karena tuntutan durasi. Kemudian, film banyak memberikan variasi setting waktu dan tempat maupun perubahan berupa penambahan tokoh dan alur sekaligus mengadakan penghilangan tokoh maupun alur yang tidak memberikan peran penting dalam perkembangan penceritaan. Selanjutnya, hasil penelitian juga menunjukkan adanya perubahan fungsi yang menghasilkan perbedaan alur antara karya sastra dan film.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Transformasi, naskah drama, film, kernel, satelit
Subjects: Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 02 Nov 2015 07:11
Last Modified: 02 Nov 2015 07:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item