Raya, Seina Hijria (2021) Perancangan Motion Comic Fenomena Campur Kode Bahasa Sebagai Budaya Urban di Wilayah Jakarta Selatan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Seina Hijria Raya_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
Seina Hijria Raya_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Seina Hijria Raya_2021_BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
Seina Hijria Raya_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (9MB) |
|
Video
Seina Hijria Raya_2021_LAMPIRAN.mp4 Restricted to Repository staff only Download (36MB) | Request a copy |
|
Text
maxresdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
Seina Hijria Raya_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Perancangan ini bertujuan untuk memberikan perspektif baru tentang fenomena campur kode bahasa yang sedang menjadi topik perbincangan khususnya di Jakarta. Adapun yang menjadi latar belakang perancangan ini karena fenomena campur kode bahasa ini menjadi perdebatan dan menimbulkan pro kontra tanpa adanya alasan yang jelas. Ada yang bilang bahwa mencampurkan bahasa Inggris-Indonesia adalah suatu perbuatan yang dapat mengikis identiras bangsa, namun ada juga yang bilang bahwa sebenarnya praktik tersebut dapat menambah kepercayaan diri dan mendorong seorang individu untuk terus belajar bahasa Inggris. Fenomena ini terjadi di seluruh Jakarta, namun yang menjadi perbincangan adalah wilayah Jakarta Selatan yang mayoritas di wilayahnya terdapat banyak sekali mall, café, dan tempat yang sering dikunjungi anak muda. Motion comic ini dirancang agar dapat memberikan perspektif baru terhadap pandangan masyarakat yang masih melihat campur kode bahasa serta fenomena yang terjadi dari satu sisi saja. Karena target audiens adalah anak muda dengan usia 15-25 tahun, maka media komik tapi dalam bentuk bergerak akan cukup menarik perhatian. Karena, tidak semua anak muda atau masyarakat paham cara membaca komik, ada yang tidak tahu urutan panel gambar dan kebingungan. Dengan demikian, diharapkan perancangan motion comic dapat mudah dipahami dan dinikmati oleh target audiens dengan alur cerita yang menarik dan bahasa yang santai sehingga dapat mudah dipahami oleh target audiens.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Campur Kode Bahasa, Jakarta, Motion Comic | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | SEINA HIJRIA RAYA | |||||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2021 01:41 | |||||||||
Last Modified: | 16 Feb 2021 02:58 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7512 |
Actions (login required)
View Item |