Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Budaya di Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya

Larasaty, Inten (2021) Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Budaya di Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Inten Larasaty_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Inten Larasaty_2021_BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Text
Inten Larasaty_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Inten Larasaty_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (922kB)
[img] Text
Inten Larasaty_2021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Inten Larasaty_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul “Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Budaya di Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya” bertujuan untuk menganalisis potensi budaya yang dapat dikelola sebagai atraksi wisata serta kendala yang dihadapi. Sehingga dapat dirumuskan strategi yang tepat terhadap upaya pengembangannya. Penelitian ini didasari untuk mendukung pelestarian budaya, meningkatkan peran masyarakat setempat sebagai pelaku wisata serta memberikan alternatif dalam pemasaran desa wisata berbasis budaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif etnografi. Pendekatan tersebut bermaksud untuk mengkaji lebih mendalam potensi budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Kereng Bangkirai. Sumber data diperoleh melalui wawancara dan kuesioner yang dilakukan oleh para informan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis SWOT dengan melakukan pengolahan terhadap Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE) yang bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan dalam matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Kereng Bangkirai memiliki potensi budaya yang dapat dikembangkan sebagai atraksi wisata. Produk budaya tersebut disinergikan dengan wisata alam yang ada menjadi sebuah rangkaian paket wisata. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat diterapkan strategi pengembangan produk, penetrasi pasar, serta memaksimalkan strategi ofensif. Strategi pengembangan dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) mengemas produk wisata kuliner, menganyam purun, atraksi dayung dan menangkap ikan, festival seni dan kegiatan adat, serta penataan permukiman penduduk khas bantaran sungai sebagai homestay, 2) mengelola SDM melalui community based tourism, 3) memperkuat kerjasama dengan berbagai stakeholders 4) melengkapi sarana dan prasarana penunjang kesenian bagi masyarakat setempat, 5) memanfaatkan berbagai sosial media dan influencer sebagai sarana promosi.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Larasaty, Intennim1820150420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPrabowo, T. Handono Ekonidn0511086401
Department: KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: budaya, desa wisata, pengembangan, strategi
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Inten Larasaty
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:52
Last Modified: 15 Feb 2021 14:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7514

Actions (login required)

View Item View Item