Puspasari, Annisa (2021) Perancangan Komik Sejarah Rijsttafel: Perkembangan Budaya Makan di Jawa Masa Kolonial. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
ANNISA PUSPASARI_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text
ANNISA PUSPASARI_2021_BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
ANNISA PUSPASARI_2021_BAB 5.pdf Download (296kB) |
|
Text
ANNISA PUSPASARI_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
Image
ANNISA PUSPASARI_2021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
ANNISA PUSPASARI_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) | Request a copy |
Abstract
Rijsttafel adalah suatu budaya yang terbentuk dari hasil akulturasi budaya bangsa inferior (pribumi Jawa) dengan bangsa superior (Belanda) pada masa kolonial. Rijsttafel berasal dari Bahasa Belanda, rijst berarti “nasi” dan tafel berarti “meja”, yang merupakan kiasan dari “hidangan”. Rijsttafel telah melahirkan fenomena baru dalam budaya makan masyarakat Jawa, dari kebiasaan makan pada umumnya yaitu duduk lesehan, menggunakan piring kayu atau daun pisang, dan menyuapkan makanan dengan menggunakan tangan, menjadikan budaya makan masyarakat pribumi menjadi lebih beradab, sopan dan higienis. Kurangnya pengetahuan etiket makan akan menjadi masalah jika seseorang berada pada situasi dan lingkungan sosial budaya yang menjunjung norma rijsttafel. Pentingnya pengetahuan table manner karena masih diakuinya table manner sebagai standar internasional dalam pertemuan resmi. Melalui permasalahan tersebut, dibuatlah perancangan media komik yang diharapkan dapat menjadi media alternatif dalam menyampaikan pengetahuan informasi dan edukasi khususnya pada generasi muda tentang sejarah budaya rijsttafel dengan gaya penyampaian yang berbeda dan menghibur dari buku yang sejenis. Maka itu, diperlukan penggalian data dan informasi baik dari media buku-buku (teori), karya tulis ilmiah, serta website online yang bisa dipercaya. Data, literatur, dan informasi yang terkumpul dan digali, kemudian dianalisis dengan pendekatan 5W+1H. Selanjutnya diproses ke dalam tahap perancangan media komik, yaitu bentuk gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi ke dalam alur cerita. Gaya visual yang digunakan dalam perancangan ini berusaha mengikuti selera mayoritas pembaca yang sekarang kebanyakan adalah manga. Adapun gaya ceritanya menggunakan sudut pandang keseharian yang komikal dan heartwarming sehingga pembaca seolah relateable (merasakan) dan turut serta dalam cerita. Meskipun gaya penyampaiannya menggunakan pendekatan model komik culinary pada umumnya, akan tetapi komik ini akan lebih membahas sisi sejarah budaya dan filosofinya. Diharapkan target audience menjadi lebih mudah memahami, mengedukasi, dan menginspirasi khalayak dalam hal pembiasaan etiket makan (table manner).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DISAINKOMUNIKASIVISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | komik, sejarah, Rijsttafel, Kebudayaan Indis, table manner | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Annisa Puspasari | |||||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2021 01:03 | |||||||||
Last Modified: | 15 Feb 2021 01:03 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7522 |
Actions (login required)
View Item |