Aulia Rahma, Imas (2021) Ibo Ati. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Imas Aulia Rahma_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
|
Text
Imas Aulia Rahma_2021_BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
Imas Aulia Rahma_2021_BAB IV PENUTUP.pdf Download (207kB) |
|
Text
Imas Aulia Rahma_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Imas Aulia Rahma_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (651kB) |
|
Image
Imas Aulia Rahma_2021_LAMPIRAN GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Video
Karya Tari IBO ATI.mp4 Restricted to Repository staff only Download (785MB) | Request a copy |
|
Video
view_usp=sharing Download (63kB) |
Abstract
Karya tari berjudul “Ibo Ati” merupakan sebuah gejala perasaan penata yang terinspirasi dari empiris (pengalaman peribadi) pada masa kecil ketika terkurung di dalam kamar mandi. Empiris pada masa kecil ini merupakan pengalaman terburuk yang pernah dialami selama masa kanak-kanak. Keganjalan hati muncul selama menjalani proses kehidupan menuju kedewasaan. Hati resah dan gelisah terus membayangi penata sehingga mengalami traumatis yang begitu membekas didalam jiwa. Ketika seseorang mempunyai pengalaman pribadi, maka tergeraklah hati seseorang ingin mencari pengalaman-pengalaman estetis dan kreatif untuk menciptakan karya tari yang berorientasi dan berpijak pada empiris nya. Maka pengungkapkan dan pengekspresian karya memilih penari tunggal atau solo performance yaitu penata tari sebagai koreografer juga sebagai penari dikarenakan wabah pandemi covid-19, sehingga peraturan baru telah diberlakukan terkait dengan pembatasan jumlah penari. Diharapkan agar penata dapat menyampaikan pengalaman berdasarkan dengan kekinian, kedisinian dan keakuan sehingga orang lain juga bisa ikut merasakan. Karya tari ini mempresentasikan bentuk penyajian menggunakan alur dramatik terdiri dari tiga adegan yang memvisualisasikan gejala dan gejolak perasaan kesedihan, kebosanan dan ketertekanan. Sumber gerak yang digunakan adalah gerak-gerak keseharian dengan merespon keadaan anggota tubuh ketika mengalami perasaan terkurung melalui simbolisasi gerak. Rias dan busana dalam karya menggunakan baju model jumpsuit lengan panjang dan celana panjang. Rambut diurai dengan tata rias cantik natural. Musik tari dikomposisikan khusus untuk karya ini dalam bentuk midi editing yang menyesuaikan adegan guna menghidupkan suasana. Properti sebagai simbolisasi dari ungkapan ekspresi trauma. Properti sekaligus setting panggung yang digunakan adalah kursi kayu roda, meja, kain tile elastis dan mesin semprotan air. Kata Kunci : Pengalaman Empiris, Gejala Perasaan, Solo Performance
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#SENITARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman Empiris, Gejala Perasaan, Solo Performance | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari Audio Visual |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Imas Aulia Rahma | |||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2021 06:59 | |||||||||
Last Modified: | 06 Jan 2022 03:28 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7626 |
Actions (login required)
View Item |