Perpaduan Teknik Frame by Frame dengan Teknik Cut-Out pada Penciptaan Film Animasi 2d “ The Adventure of Anto & Sogur”

Yuditama, Muhammad Abim Auriza (2021) Perpaduan Teknik Frame by Frame dengan Teknik Cut-Out pada Penciptaan Film Animasi 2d “ The Adventure of Anto & Sogur”. Diploma thesis, INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA.

[img] Text
Muhammad Abim Auriza Yuditama_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Abim Auriza Yuditama_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Abim Auriza Yuditama_2021_BAB VI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Muhammad Abim Auriza Yuditama_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Abim Auriza Yuditama_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Video
maxresdefault.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Video
Muhammad Abim Auriza Yuditama_2021_LAMPIRAN.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (55MB) | Request a copy
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=PYXlzCeQu90&t=1s&a...

Abstract

Sebuah cerita yang mengangkat tentang seorang manusia bernama Sogur melakukan perjalanan bersama seekor unta peliharaannya bernama Anto hingga mereka menghadapi kelelahan dan kehausan di tengah padang pasir, dikemas dalam komedi slapstick. Kombinasi teknik frame by frame dan cut-out guna efisiensi dan efektivitas waktu serta biaya produksi, film animasi ini memperdalam konsep dan hubungan emosional antara makhluk hidup dengan lingkungan. Penerapan teknik frame by frame digambarkan pada gerakan-gerakan karakter dengan sudut kamera yang ekstrem, serta memiliki kelebihan dan keleluasaan dalam menggambar adegan. Sedangkan proses cut-out diterapkan pada gerakan dasar karakter dan objek environmental yang tercermin pada sebagian shot pengenalan setting lokasi, suasana, dan karakter cerita. Sebagai film animasi 2D, “The Adventure of Anto & Sogur” diproduksi melalui 3 tahapan, yaitu: praproduksi (riset, penulisan naskah cerita, desain karakter, storyboard, background, rigging dan music scoring), produksi (animating), dan pascaproduksi (compositing, editing, dan mastering). Tahapan pipeline tersebut menghasilkan film animasi HDTV berdurasi 3 menit dengan ratio 16:9, resolusi 1920x1080 px dan frame rate 24fps. Penerapan ide cerita tentang emosi dengan konsep karakterisasi visual dalam film animasi 2D “The Adventure of Anto & Sogur” memberikan pesan bagaimana penyelesaian masalah yang seharusnya tidak diselesaikan dengan amarah, dapat digambarkan dengan gaya komedi slapstick dengan digunakannya teknik penganimasian frame by frame dan cut-out.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yuditama, Muhammad Abim Aurizanim1700219033
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGunanto, Samuel Gandangnidn0016108001
ContributorPurwachandra, Pandan Pareanomnidn0502018601
Department: KODEPRODI90446#ANIMASI
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Slapstick, Komedi, Frame by Frame, Cut-Out
Subjects: Televisi > Animasi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi
Depositing User: Muhammad Abim Auriza Yuditama
Date Deposited: 19 Feb 2021 00:30
Last Modified: 19 Feb 2021 00:37
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item