Hanna Difandi, Nadya (2020) Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Bab I.pdf Download (11MB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (265kB) |
|
Text
Jurnal- Nadya Hanna Difandi 16100680132.pdf Download (663kB) |
|
Text
Skripsi Full Text - Nadya Hanna Difandi.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Video
Tembang Dolanan Cungkup Milang Kondhe.mp4 Restricted to Repository staff only Download (120MB) | Request a copy |
Abstract
Metode Sariswara merupakan metode pendidikan kesenian oleh Ki Hadjar Dewantara yang terdiri dari tiga unsur mata pelajaran, yaitu bahasa, lagu, dan cerita. Unsur pelajaran lagu dalam metode Sariswara memiliki keterkaitan dengan musik vokal, yakni pada penerapannya yang menggunakan nyanyian sebagai dasar pembelajaran. Penelitian ini mengkaji metode Sariswara pada tingkat dolanan anak yang mempunyai target penguasaan materi selama 4 kali pertemuan, selain itu analisis unsur elemen musik juga dilakukan dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”. Laras yang dipakai dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”, memakai laras Pelog Lima dan mempunyai interval melodi paling dekat sekon kecil serta interval melodi yang paling jauh sekt kecil. Penggunaan interval melodi yang mudah dijangkau dalam tembang dolanan membantu anak untuk dapat mengingat dan menyanyikan melodi tembang dengan mudah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis yang menggunakan studi tekstual dan kontekstual, penelitian dilakukan di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Hasil kajian dari penerapan metode Sariswara dalam tingkat dolanan anak dirangkum ke dalam sebuah struktur hierarki teori taksonomi Bloom yang terdiri dari tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif penerapan metode Sariswara dalam dolanan anak dapat mencapai pada tingkat ke-5 dari 6 tingkatan, ranah afektif mencangkup semua tingkatan yang terdiri dari 5 tingkat, dan ranah psikomotorik mencapai tingkat ke-6 dari 7 tingkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sariswara methid, dolanan anak, taxonomy Bloom | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 01 Apr 2021 03:21 | |||||||||
Last Modified: | 01 Apr 2021 03:21 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8180 |
Actions (login required)
View Item |