Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa

Hanna Difandi, Nadya (2020) Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Jurnal- Nadya Hanna Difandi 16100680132.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Skripsi Full Text - Nadya Hanna Difandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Video
Tembang Dolanan Cungkup Milang Kondhe.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (120MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Metode Sariswara merupakan metode pendidikan kesenian oleh Ki Hadjar Dewantara yang terdiri dari tiga unsur mata pelajaran, yaitu bahasa, lagu, dan cerita. Unsur pelajaran lagu dalam metode Sariswara memiliki keterkaitan dengan musik vokal, yakni pada penerapannya yang menggunakan nyanyian sebagai dasar pembelajaran. Penelitian ini mengkaji metode Sariswara pada tingkat dolanan anak yang mempunyai target penguasaan materi selama 4 kali pertemuan, selain itu analisis unsur elemen musik juga dilakukan dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”. Laras yang dipakai dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”, memakai laras Pelog Lima dan mempunyai interval melodi paling dekat sekon kecil serta interval melodi yang paling jauh sekt kecil. Penggunaan interval melodi yang mudah dijangkau dalam tembang dolanan membantu anak untuk dapat mengingat dan menyanyikan melodi tembang dengan mudah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis yang menggunakan studi tekstual dan kontekstual, penelitian dilakukan di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Hasil kajian dari penerapan metode Sariswara dalam tingkat dolanan anak dirangkum ke dalam sebuah struktur hierarki teori taksonomi Bloom yang terdiri dari tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif penerapan metode Sariswara dalam dolanan anak dapat mencapai pada tingkat ke-5 dari 6 tingkatan, ranah afektif mencangkup semua tingkatan yang terdiri dari 5 tingkat, dan ranah psikomotorik mencapai tingkat ke-6 dari 7 tingkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Hanna Difandi, Nadyanim16100680132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBramantyo PS, Triyononidn0018025702
Thesis advisorRatnawati Yuwono, Deboranidn0011115504
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Sariswara methid, dolanan anak, taxonomy Bloom
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 01 Apr 2021 03:21
Last Modified: 01 Apr 2021 03:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item