Aristia Maryamah, Nancy (2020) Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II s.d BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Download (321kB) |
|
Video (Video 1)
HIPOKRIT_NANCY ARISTIA_2020_MASTER.MP4 Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
|
Video (Video 2)
HIPOKRIT_NANCY ARISTIA_2020_SCREENING.mp4 Restricted to Repository staff only Download (1GB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL NANCY ARISTIA.pdf Download (923kB) |
|
Text
SKRIPSI CIPTA NANCY ARISTIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Karya tugas akhir penciptaan seni yang berjudul Membangun Surprise pada Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritan Terbatas merupakan sebuah karya film fiksi pendek, mengangkat kisah seorang perempuan bernama Nia ingin balas dendam untuk memperjuangkan haknya sebagai perempuan yang telah dirampas oleh seorang pelaku pelecehan, namun pelaku pelecehan tersebut sempat bebas dari jerat hukum, sehingga Nia melakukan sebuah tindakan dengan cara merelakan diri apabila nantinya harus kembali mendapat tindakan pelecehan. Semua yang dilalukan merupakan upaya balas dendam Nia untuk memasukkan pelaku pecehan yang bernama Adrian ke dalam penjara. Judul “Hipokrit” dipilih untuk menggambarkan film yang menceritakan tentang kisah perlawanan seorang perempuan atas tindakan diskriminasi, namun dalam upaya perlawanannya perempuan tersebut harus berpura-pura. Penceritaan terbatas merupakan konsep utama dari penyutradraan, penonton fokus pada karakter tokoh utama terkait adegan dan dialog dalam menyampaikan sebuah informasi. Konsep tersebut didukung oleh elemen-elemen secara naratif dan sinematik untuk membangun surprise pada akhir cerita. Surprise muncul melalui tindakan karakter tokoh utama dalam menghadapi situasi. Surprise yang dibangun melalui karakter tokoh utama adalah perubahan karakter tokoh, pada awal film Nia merupakan perempuan yang lemah dan tak berdaya dalam menghadapi situasi, namun di akhir film ternyata Nia merupakan perempuan yang cerdas dan kuat. Perubahan karakter tokoh Nia dari perempuan tak berdaya dalam menghadapi situasi menjadi perempuan yang kuat dalam mengendalikan situasi merupakan sebuah surprise yang dihadirkan di akhir film. Kata Kunci : film fiksi, penyutradaraan, penceritan terbatas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | film fiksi, penyutradaraan, penceritan terbatas | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 03 May 2021 02:42 | |||||||||
Last Modified: | 03 May 2021 02:42 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8356 |
Actions (login required)
View Item |