Ida Ayu Eva Ratna Juwita, 1220039422 (2014) Strategi Pemasaran Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I Ida.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu kesenian asli Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan oleh UNESCO adalah wayang. Hal ini menjadikan keberadaan Museum Wayang Kekayon Yogyakarta menjadi sangat penting dan diharapkan mampu menjadi sumber pembelajaran serta dapat digunakan sebagai salah satu media pelestarian. Museum merupakan sebuah lembaga yang bersifat tetap dan tidak mencari keuntungan. Pada dua dasawarsa terakhir, museum mengalami perubahan paradigma, yang semula berorientasi kepada koleksi, menjadi berorientasi kepada pengunjung. Museum dituntut memberikan pelayanan terbaik untuk menarik minat pengunjung dari sisi edukasi maupun rekreasi. Aspek yang perlu diperhatikan dalam konteks perubahan manajemen museum adalah kebutuhan akan pemasaran. Sehingga museum dapat dikenal masyarakat dan menjadi tempat alternatif wisatawan untuk menghabiskan waktu luangnya. Srategi pemasaran merupakan pengelolaan komunikasi dua arah yang saling menguntungkan antara penjual dan pembeli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada pihak museum dan penyebaran kuesioner kepada pengunjung untuk mengumpulkan data. Museum Wayang Kekayon Yogyakarta melakukan strategi pemasaran dengan pameran tetap, wajib kunjung museum, seminar dan talk show, menjadi anggota Barahmus DIY dan menggelar acara-acara khusus bertema budaya. Promosi juga dilakukan dengan cara pembuatan brosur dan melalui sosial media
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program S-2 Tata Kelola Seni | ||||
Uncontrolled Keywords: | Museum, Strategi Pemasaran, Museum Wayang Kekayon, jumlah pengunjung, Yogyakarta | ||||
Subjects: | Tata kelola seni | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni | ||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||
Date Deposited: | 18 Nov 2015 04:38 | ||||
Last Modified: | 18 Nov 2015 04:38 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/836 |
Actions (login required)
View Item |