Strategi Pemasaran Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Ida Ayu Eva Ratna Juwita, 1220039422 (2014) Strategi Pemasaran Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I Ida.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Salah satu kesenian asli Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan oleh UNESCO adalah wayang. Hal ini menjadikan keberadaan Museum Wayang Kekayon Yogyakarta menjadi sangat penting dan diharapkan mampu menjadi sumber pembelajaran serta dapat digunakan sebagai salah satu media pelestarian. Museum merupakan sebuah lembaga yang bersifat tetap dan tidak mencari keuntungan. Pada dua dasawarsa terakhir, museum mengalami perubahan paradigma, yang semula berorientasi kepada koleksi, menjadi berorientasi kepada pengunjung. Museum dituntut memberikan pelayanan terbaik untuk menarik minat pengunjung dari sisi edukasi maupun rekreasi. Aspek yang perlu diperhatikan dalam konteks perubahan manajemen museum adalah kebutuhan akan pemasaran. Sehingga museum dapat dikenal masyarakat dan menjadi tempat alternatif wisatawan untuk menghabiskan waktu luangnya. Srategi pemasaran merupakan pengelolaan komunikasi dua arah yang saling menguntungkan antara penjual dan pembeli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada pihak museum dan penyebaran kuesioner kepada pengunjung untuk mengumpulkan data. Museum Wayang Kekayon Yogyakarta melakukan strategi pemasaran dengan pameran tetap, wajib kunjung museum, seminar dan talk show, menjadi anggota Barahmus DIY dan menggelar acara-acara khusus bertema budaya. Promosi juga dilakukan dengan cara pembuatan brosur dan melalui sosial media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Museum, Strategi Pemasaran, Museum Wayang Kekayon, jumlah pengunjung, Yogyakarta
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 18 Nov 2015 04:38
Last Modified: 18 Nov 2015 04:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item