Susilowati, Susilowati (2020) Layanan referensi virtual sebagai strategi layanan di masa pandemi covid-19. Karya Ilmiah Pustakawan.
Text
Layanan referensi virtual sebagai strategi layanan di masa pandemi covid fix kumpul.docx Download (33kB) |
Abstract
Pademi covid-19 datang secara tiba-tiba, telah merubah semua sisi kehidupan, kebijakan dan pembatasan yang diterapkan diberbagai negara menjadikan manusia mengurangi interaksinya dengan manusia lain, hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penularan virus covid-19. Kebijaksanaan pemerintah Indonesia meniadakan pembelajaran tatap muka baik tingkat universitas maupun sekolah-sekolah dan menggantinya dengan pembelajaran daring membuat penurunan kunjungan dan pemanfaatan perpustakaan oleh pemustaka. Dengan kenyataan tersebut diperlukan sebuah strategi agar perpustakaan khususnya perpustakaan perguruan tinggi tetap bisa berperan sebagai jantung perguruan tinggi. Salah satu strategi layanan yang bisa dilakukan perpustakaan dimasa pandemi ini adalah dengan cara menyediakan layanan referensi vitual. Layanan referensi virtual merupakan salah satu strategi perpustakaan peguruan tinggi dengan menyediakan layanan referensi secara online sehingga layanan tersebut tetap bisa diakses dimanapun berada tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Layanan ini juga sebagai wujud nyata peran serta perpustakaan perguruan tinggi dalam menerapkan social distancing dan mencegah perpustakaan sebagi klaster penularan baru. Kata kunci: Pandemi covid-19, Layanan perpustakaan, Referensi virtual.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Pandemi covid-19, Layanan perpustakaan, Referensi virtual. | ||||
Subjects: | Karya Ilmiah Pustakawan | ||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||
Depositing User: | susilo SW wati | ||||
Date Deposited: | 23 May 2021 13:55 | ||||
Last Modified: | 13 Sep 2021 08:15 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8442 |
Actions (login required)
View Item |