Estetika Interaksi dalam Gim Virtual Reality Borobudur

Martyastiadi, Yusup Sigit (2021) Estetika Interaksi dalam Gim Virtual Reality Borobudur. Doctoral thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Yusup Sigit Martyastiadi_2021_Bab I.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Yusup Sigit Martyastiadi_2021_Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Yusup Sigit Martyastiadi_2021_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Yusup Sigit Martyastiadi_2021_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Yusup Sigit Martyastiadi_2021_Bab V.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Yusup Sigit Martyastiadi_2021_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68MB) | Request a copy
[img] Text
Ringkasan Disertasi - Yusup Sigit Martyastiadi.pdf

Download (4MB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Candi Borobudur menjadi inspirasi dalam penelitian penciptaan gim VR Borobudur. Bagi saya sebagai peneliti, kebesaran dan kemegahan candi Borobudur tidak terletak pada bentuk fisik, namun hadirnya makna spiritual ke-Borobudur-an tentang ajaran kesediaan manusia untuk siap menghadapi ketiadaan melalui pengorbanan hidup. Penelitian penciptaan gim VR Borobudur ini dilatarbelakangi oleh pengalaman visual terhadap candi Borobudur yang dirasakan peneliti, yaitu sensasi cahaya keemasan, gerakan – bebunyian imajiner, dan nuansa kegelapan ketika peneliti memperhatikan suatu relief. Selain itu, peneliti juga merasakan hadirnya pengalaman “terbenam” saat bermain dan mendesain gim sebagai latar belakang penelitian penciptaan ini. Kedua pengalaman estetis ini merupakan kondisi pembenaman (immersion) yang dirasakan oleh peneliti. Melalui penelitian penciptaan ini, peneliti menghadirkan sensasi pembenaman melalui penciptaan gim VR Borobudur dengan menggunakan makna spiritual ke-Borobudur-an sebagai konten narasi interaktifnya. Proses penciptaan gim VR Borobudur ini menggunakan metodologi penelitian yang didorong oleh praktik (practice-led research) dan didukung oleh beberapa pendekatan-pendekatan penelitian lainnya seperti psikologi aktifitas (be-level & motor-level), estetika interaksi, konsep MDA LeBlanc, konsep makna ketiga. Sintesis dalam disertasi ini menjabarkan proses peneliti mencari pembebasan pengalaman estetis di luar objek gim VR Borobudur itu sendiri sehingga lahirlah subjektivitas melalui imajinasi pikiran. Gim VR Borobudur ini sedang mengajarkan pemainnya untuk menemukan ritme kehidupan, suatu kondisi yang mengajak pengguna merasakan suasana kontemplatif namun juga aktif menentukan pilihan-pilihan dalam kedinamisan pengalaman bermainnya. Pengalaman kontemplasi dinamis inilah sebagai salah satu temuan pengalaman estetis dalam penelitian penciptaan ini dan kemudian menjadi tawaran kontribusi dalam wacana estetika interaksi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Martyastiadi, Yusup Sigit1730115511
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSoedjono, Soepraptonidn0028024904
ContributorSunardi, Stanislausnidn0510096001
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: estetika interaksi, kontemplasi dinamis, pembenaman
Subjects: Audio Visual
Disain > Disain Komunikasi Visual
Televisi > Animasi
Divisions: Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni
Depositing User: Yusup Sigit Martyastiadi
Date Deposited: 17 Jun 2021 06:00
Last Modified: 16 Aug 2021 07:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8503

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item