Diskursus Musik Dalam Pendidikan

Bramantyo, Triyono (2019) Diskursus Musik Dalam Pendidikan. Pendidikan Musik . Badan Penerbit ISI Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-6509-59-8

[img]
Preview
Image
2. Sampul Buku.jpg

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Image
2. 2. Daftar Isi Buku.jpg

Download (72kB) | Preview
[img] Text
2.3. DISKURSUS MUSIK DALAM PENDIDIKAN.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Saya menyambut gembira penerbitan buku Diskursus Musik dalam Pendidikan ini yang memang amat dibutuhkan sebagai buku ajar bagi para mahasiswa musik maupun referensi bagi para peneliti musik. Pendidikan musik telah berkembang dengan pesat sejak masa kemerdekaan dari awalnya berupa proses pembelajaran secara informal maupun non-formal akhirnya turut tersaji pada jalur pendidikan formal. Pembelajaran musik yang asal mulanya ditekuni pada jenjang pendidikan menengah telah merambah ke jenjang pendidikan tinggi. Silabus musik tidak sekedar menjadi muatan kurikulum seni melainkan juga kurikulum pendidikan. Dapat dikatakan bahwa musik telah menjadi topik diskursus yang diminati khalayak akademik secara kelembagaan maupun kemasyarakatan. Akan tetapi arti penting fungsi dan peranan musik dalam perkembangannya tidak diimbangi dengan ketersediaan literatur yang memadai guna membahas berbagai wacana musikal. Ekspansi kuantitas disertasi kajian sosial budaya yang meneliti tentang musik, bahkan tidak berimbas pada maraknya penerbitan buku-buku musik berbahasa Indonesia. Itu sebabnya di tengah situasi kelangkaan tersebut kehadiran buku ini telah lama dinanti-nanti, fenomena yang patut disyukuri bagaikan fatamorgana yang nyata ditengah hamparan padang pasir. Mengamati isi buku ini akan didapati bahwa spektrum musikal yang dibahas sangatlah komprehensif terutama dalam perspektif pemanfaatan dan pemberdayaan diseminasi musik Barat di Indonesia sejak masa pelayaran Jalur Sutra Maritim. Pemanfaatannya melalui inkulturasi musik Barat ke dalam format musik untuk ibadah keagamaan, musik yang populer di tengah masyarakat, dan musik pendidikan yang diajarkan di sekolah. Adapun pemberdayaannya dilakukan melalui upaya konservasi dan apropriasi musik tradisi etnik Nusantara menurut metodologi dan teknologi Barat. Berbagai wacana yang dipaparkan dalam buku ini bahkan telah teruji melalui eksekusi terhadap wawasan ranah budaya dan kearifan yang dimiliki bangsa-bangsa di Asia secara fundamental termasuk Indonesia. Tidaklah diragukan bahwa buku yang disusun sebagai hasil penelitian selama bertahun-tahun ini akan memberikan pemahaman yang mendalam terhadap konstelasi musik untuk dunia pendidikan, serta mampu menimbulkan inspirasi yang inovatif bagi para pendidik, penyaji, dan peneliti musik. Vivat Profesores.Victor Ganap

Item Type: Book
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Bramantyo, Triyononidn0018025702
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Triyono Bramantyo
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:08
Last Modified: 14 Jun 2021 06:08
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8533

Actions (login required)

View Item View Item