Ika Riyana, Novi (2020) Garap Rebab Gending Sambul Laras Pelog Pathet Nem Kendhangan Semang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Novi Ika Riyana_2020_BAB I.pdf Download (823kB) |
|
Text
Novi Ika Riyana_2020_BAB IV.pdf Download (169kB) |
|
Text
Novi Ika Riyana_2020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text
Novi Ika Riyana_2020_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL TUGAS AKHIR- Novi Ika Riyana.pdf Download (324kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Garap Rebab Gending Sambul Laras Pélog Pathet Nem Kendhangan Semang”. Gending tersebut adalah gending soran gaya Yogyakarta yang akan disajikan lirihan, sehingga banyak permasalahan yang ditemukan. Gending tersebut belum memuat tentang ambah-ambahan, pathet, serta padhang ulihannya, sehingga diperlukan analisis untuk mempermudah menemukan tafsir cengkok garap gending tersebut. Pemilihan gending tersebut adalah upaya penulis untuk mengapresiasi, melestarikan, dan memperkenalkan gending Yogyakarta agar lebih dikenal dikalangan masyarakat. Gending Sambul mempunyai kemiripan dengan Sambul Gending gaya Surakarta, kemiripannya ditemukan pada notasi balungan bagian buka, kenong satu, dua, dan empat bagian dhawah. Urutan penyajian Gending Sambul dimulai dari adangiyah, buka, lamba, dados, pangkat dhawah, dan dhawah. Penulis memilih ricikan rebab untuk menyajikan Gending Sambul. Ricikan rebab adalah ricikan yang bertugas sebagai pamurba lagu atau pemimpin lagu, oleh karena itu diperlukan pengertian tentang macam-macam kosokan rebab seperti kosokan nibani, kosokan mbalung, kosokan nduduk, kosokan kosok wangsul. Analisis ambah-ambahan, pathet, padhang ulihan, dan cengkok rebaban yang sesuai dengan notasi balungan maupun lagu balungan adalah pijakan untuk memainkan ricikan rebab. Penggarapan Gending Sambul diawali dengan menggambaran arah lagu notasi balungan gending dan ambah-ambahan menggunakan grafik. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tinggi rendah nada atau ambah-ambahannya. Kedua, penulis melakukan analisis pathet Gending Sambul. Analisis pathet sangat penting dilakukan, karena berhubungan erat dengan tafsir garap, di dalam gending tersebut nada di luar pathet nem, yaitu pathet barang. Kecermatan sangat dibutuhkan untuk menggarap gending tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91211#SENI KARAWITAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gending Sambul, rebab, dan garap. | |||||||||
Subjects: | Karawitan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan | |||||||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2021 02:45 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2021 02:45 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8710 |
Actions (login required)
View Item |