Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)

Edythia Indrasswary Nabella, NIM 121 0004 224 (2015) Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memparodikan dirinya sebagai seorang Superman dalam sebuah APK (Alat Peraga Kampanye) dalam website nya www.egymassadiah.info. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna pesan yang terkandung dalam tanda visual iklan politik caleg Superman dengan menggunakan teori Semiotika milik Roland Barthes. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis semiotik pemaknaan konotasi Roland Barthes untuk menganalisa makna pesan dalam tanda visual iklan politik Caleg Superman. Hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa konotasi yang menebal menjadi sebuah mitos dalam masyarakat, bahwa memilih seorang calon pemimpin tidak cukup hanya dilihat dari penampilan luar atau secara fisik saja. Juga bagi para calon pemimpin yang selalu mendistorsi realitas, melebih-lebihkan yang ada sehingga akan menimbulkan krisis identitas dari calon pemimpin itu sendiri. Karena segala sesuatu yang dilebih-lebihkan diawal, pada akhirnya hanya akan meninggalkan kekecewaan dan yang tersisa hanyalah fiksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Edythia Indrasswary Nabella, NIM 121 0004 224UNSPECIFIED
Department: Program S-1 Disain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa
Uncontrolled Keywords: Iklan Politik, Semiotika, Desain Komunikasi Visual, Roland Barthes, Superman
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 20 Nov 2015 03:41
Last Modified: 20 Nov 2015 03:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item