Harya P, Henrikus Balzano (2021) Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
HENRIKUS BALZANO HARYA P_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
HENRIKUS BALZANO HARYA P_2021_BAB I.pdf Download (732kB) |
|
Text
HENRIKUS BALZANO HARYA P_2021_BAB V.pdf Download (579kB) |
|
Text
HENRIKUS BALZANO HARYA P_2021_JURNAL.pdf Download (868kB) |
|
Text
HENRIKUS BALZANO HARYA P_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Banyak yang menyatakan bahwa pertunjukan live music di kafe dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Faktanya terdapat beberapa tanggapan yang dilakukan pelanggan saat pertunjukan live music berlangsung. Beberapa pelanggan terkadang memperhatikan live music, namun pada kesempatan lain juga mengabaikannya. Penelitian ini mencoba menyelidiki faktor-faktor yang menyebabkan pelanggan memberikan atensi terhadap sajian live music, serta mencari hubungan diantara keduanya. Peneliti mengacu pada konsep stimulus-organisme-respons (S-O-R) dari psikologi lingkungan yang ditawarkan oleh Mehrabian dan Russell. Lingkungan yang memuat berbagai unsur akan menciptakan rangsang yang berpengaruh pada individu didalamnya (organisme). Interaksi antara stimulus dan organisme menghasilkan suatu kondisi emosi yang menyebabkan orang melakukan respons tertentu. Studi ini menggunakan metode campuran dengan desain eksplorasi bertahap (exploratory sequential). Desain tersebut menggunakan dua fase yaitu fase kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data fase kualitatif dilakukan lewat wawancara semi-terstruktur bersama lima orang narasumber. Hasil dari fase kualitatif kemudian menuntun pembuatan aitem survei untuk generalisasi ke populasi yang lebih luas. Setidaknya 52 orang ikut berpartisipasi dalam survei elektronik sebagai fase kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu kesesuaian antara pertunjukan musik yang berlangsung dengan suasana hati atau jenis musik kesukaan pelanggan, menjadi penyebab pelanggan melakukan respons seperti memperhatikan maupun mengabaikan live music. Aspek lain seperti performa pertunjukan, sikap pemain musik, dan perbedaan karakter pelanggan, juga mempengaruhi atensi mereka terhadap pertunjukan musik. Penelitian ini memiliki kekurangan karena pengumpulan data dilakukan saat pandemi Covid-19, sehingga tidak dapat melihat secara jelas bagaimana keadaan mood pelanggan. Kekurangan ini dapat dilengkapi oleh peneliti berikutnya. Kata kunci : live music, suasana hati, atensi pelanggan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | live music, suasana hati, atensi pelanggan | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Henrikus Balzano Harya Priyanta | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2021 03:51 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2021 03:51 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8853 |
Actions (login required)
View Item |