Odillia, Lisa (2021) Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Lisa Odillia_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) | Request a copy |
|
Text
Lisa Odillia_2021_BAB I.pdf Download (19MB) |
|
Text
Lisa Odillia_2021_BAB V.pdf Download (698kB) |
|
Text
Lisa Odillia_2021_JURNAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lisa Odillia_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Native advertising dalam website berita adalah strategi pemasaran yang menempatkan konten iklan di persimpangan komersial dan jurnalistik. Strategi ini berpotensi memicu kesalahan persepsi bagi konsumen yang mungkin tidak dapat membedakan antara iklan dan berita. Penelitian makna konotasi bertujuan untuk memahami pesan implisit dalam native advertising, serta kontekstualisasinya di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Diklasifikasikan berdasarkan pada teori semiotika dengan kontruksi teori komunikasi, sosiologi, pemasaran, psikologi persuasif, budaya visual dan desain komunikasi visual dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tanda verbal dan tanda visual, serta menginterpretasikan makna konota¬¬si tanda dan pesan dalam native advertising. Penelitian ini menunjukkan kebaruan bahwa native advertising adalah strategi pemasaran yang menggunakan kode-kode budaya untuk menciptakan narasi iklan dalam bentuk jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten native advertising menekankan tanda mewakili realitas sosial, berupa pandangan atau gagasan atas suatu objek (realitas produk) di masyarakat. Meskipun tidak memiliki acuan kepada realitas sesungguhnya, namun pandangan-pandangan tersebut menjadi suatu hal yang wajar dan alamiah. Strategi ini secara psikologi mempersuasi interpretasi konsumen terhadap nilai sosial budaya guna menarik perhatian publik sehingga berefek pada keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini secara praktik memberikan manfaat bagi praktisi periklanan, media periklanan online dan civitas akademika khususnya dalam kajian desain komunikasi visual. Kajian¬ ini memberikan sumbangan pengetahuan, serta dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk memperluas wawasan, kreativitas, memperkaya teknik dan media dalam memanfaatkan elemen-elemen visual dan verbal yang berasosiasi dengan kode budaya. Kata Kunci: Native Advertising, Tanda, Makna Konotasi, Komunikasi Visual
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Makna Konotasi, Native Advertising | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Lisa Odillia | ||||||
Date Deposited: | 17 Aug 2021 10:23 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2021 07:48 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8909 |
Actions (login required)
View Item |