Experiential Marketing dalam Seni Pertunjukan: Studi Kasus Pertunjukan The Legend of Roro Jonggrang Prambanan-Yogyakarta

Putri Divanti, Amanda (2021) Experiential Marketing dalam Seni Pertunjukan: Studi Kasus Pertunjukan The Legend of Roro Jonggrang Prambanan-Yogyakarta. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
AMANDA P DIVANTI_2021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
AMANDA P DIVANTI_2021_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
AMANDA P DIVANTI_2021_BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
AMANDA P DIVANTI_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (549kB)
[img] Text
AMANDA P DIVANTI_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Pertunjukan The Legend of Roro Jonggrang merupakan sebuah seni pertunjukan yang juga memiliki keunggulan seperti pertunjukan Ramayana Ballet. Pertunjukan The Legend of Roro Jonggrang ini cukup unik dan menarik karena memiliki konsep yang menggabungkan antara tari tradisional, hiphop, kontemporer dan akrobatik, kemudian dikemas menjadi sebuah pertunjukan modern yang spektakuler dan dapat dinikmati serta diterima oleh penonton dari berbagai kalangan. Akan tetapi, pertunjukan yang masih baru berjalan selama dua tahun ini memiliki jumlah penonton yang belum stabil. Stakeholder internal perlu melihat sisi emosional penonton agar penonton dapat merasakan pengalaman berkesan dengan menggunakan experiential marketing. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan mempertahankan minat penonton agar tidak ada risiko penurunan angka yang cukup drastis. Strategi experiential marketing dapat digunakan untuk menganalisis dan mengkaji pertunjukan The Legend of Roro Jonggrang melalui kelima dimensi yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara terhadap beberapa narasumber stakeholder internal maupun stakeholder eksternal, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Dimensi sense, terkait visual yang dapat membuat penonton terkesan dan dapat menciptakan pengalaman penonton, (2) Dimensi feel, muncul perasaan positif ketika melihat pertunjukan The Legend of Roro Jonggrang, (3) Dimensi Think, penonton mendapat kejutan disetiap adegan dan muncul pikiran kritis terhadap pertunjukan The Legend of Roro Jonggrang, (4) Dimensi Act, hal yang dilakukan untuk mencapai sebuah pencapaian yang baik seperti promosi dan pemilihan tim, serta (5) Dimensi relate, pertunjukan ini menghasilkan feedback dan interaksi yang baik bagi pihak Prambanan, penonton, talent maupun pihak travel agency. Penelitian ini nanti akan bermanfaat bagi para pencipta dan pengelola karya seni terutama pada seni pertunjukan serta dapat menjadi referensi bagi peneliti yang memerlukan dan membahas topik experiential marketing dalam seni pertunjukan. Kata kunci : Experiential Marketing, Seni Pertunjukan, Pengalaman Penonton

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Putri Divanti, Amandanim1920165420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorJunaedi, Shellyananidn0526127201
Department: KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Experiential Marketing, Seni Pertunjukan, Pengalaman Penonton
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Amanda Putri Divanti
Date Deposited: 17 Aug 2021 08:21
Last Modified: 17 Aug 2021 08:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8919

Actions (login required)

View Item View Item