Yarno Putri, Yulistia (2021) Hambaruan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Yulistia Yarno Putri_2021_Full Naskah.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
Yulistia Yarno Putri_2021_Bab I.pdf Download (2MB) |
|
Text
Yulistia Yarno Putri_2021_Bab Penutup.pdf Download (665kB) |
|
Text
Yulistia Yarno Putri_2021_NasPub_SP Jurusan Tari.pdf Download (200kB) |
|
Text
Yulistia Yarno Putri_2021_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Video
Yulistia Yarno Putri_2021_Lampiran 1.mp4 Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Video (Video)
maxresdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
RINGKASAN Hambaruan merupakan karya tari video berdurasi 9 menit 50 detik yang diambil menggunakan teknik one shot. Terinspirasi dari sosok Bawi Kameloh, sosok mitos dalam masyarakat suku Dayak, Kalimantan Tengah. Dikatakan bahwa sosok tersebut hidup dalam alam pikiran masyarakat Dayak terutama kaum perempuan, entah disadari atau tidak. Hambaruan dalam bahasa Dayak Ngaju berarti nyawa, jiwa, roh atau spirit. Roh atau spirit Bawi Kameloh diinterpretasikan sebagai salah satu contoh ideal yang membentuk karakter lembut perempuan Dayak dan terwujud dalam karatker penari perempuan Dayak, secara khusus pada diri penata. Mengacu pada pengalaman pribadi secara spiritual ‘bertemu’ sosok Bawi Kameloh, karya tari video ini diciptakan dalam bentuk koreografi tunggal menggunakan tipe tari dramatik. Tipe dramatik berkaitan dengan kesan karakter sosok Bawi Kameloh yang dirasakan ketika ‘melihat’ Bawi Kameloh menari, terlihat begitu lembut dan kuat di atas sebuah gong. Terkesan dengan ‘pertemuan’ tersebut, karya ini mewujudkan spirit sosok Bawi Kameloh berdasarkan kesan yang didapat. Dengan menggunakan metode penciptaan yang disampaikan Hawkins, motif gerak tari Bahalai, tari tradisi Kalimantan Tengah, yaitu malilik, malingker, nganyang dan malembai digunakan sebagai motif awal dan dikembangkan melalui eksplorasi berulang kali, dilanjutkan melakukan improvisasi untuk menemukan varian bentuk dan rasa gerak sesuai tema tari, selanjutnya dikomposisikan menjadi karya tari video. Hambaruan menjadi perwujudan spirit sosok Bawi Kameloh dalam penari perempuan Dayak melalui karya tari video. Pengalaman dan pemahaman mengenai sosok Bawi Kameloh dan tari Bahalai diolah dan menghasilkan gerak baru dalam karya tari video dan aspek-aspek pendukung karya tersebut. Secara personal, karya yang merefleksikan spirit Bawi Kameloh dalam penari perempuan Dayak berbentuk karya tari video ini, bermanfaat untuk mengembangkan tubuh tradisi agar lebih kreatif dalam menerima rangsang tari dan lebih dapat beradaptasi dengan tokoh yang dibawakan ketika menari. Melalui karya ini pula ikut mengenalkan sosok Bawi Kameloh kepada masyarakat luas. Kata kunci: Hambaruan, Bawi Kameloh, tari Bahalai, perempuan suku Dayak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#SENITARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hambaruan, Bawi Kameloh, tari Bahalai, perempuan suku Dayak | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Yulistia Yarno Putri | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2021 23:22 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2021 23:31 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8920 |
Actions (login required)
View Item |