Perancangan Visual Book Sejarah Pos Di Indonesia Masa Pra-Republik Hingga Kemerdekaan Republik Indonesia

Yuniar Arya Pradipta, NIM 1012090024 (2014) Perancangan Visual Book Sejarah Pos Di Indonesia Masa Pra-Republik Hingga Kemerdekaan Republik Indonesia. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (943kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Salah satu hal yang sangat penting dalam perjuangan untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari tangan penjajah adalah sarana komunikasi jarak jauh. Pada saat tersebut Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT) memiliki perananan besar untuk menyediakan sarana tersebut. Sudah 268 tahun Pos Indonesia mengabdi untuk pelayanan telekomunikasi, terhitung sejak kantor pos pertama didirikan oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 di Batavia. Karena meiliki nilai historis yang tinggi dan memiliki kontribusi yang besar bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia, maka sejarah pos sangatlah penting untuk dikenalkan kembali. Salah satu cara untuk mengenalkan kembali peristiwa sejarah tersebut adalah dengan menyediakan sumber referensi berupa buku, mengingat buku yang membahas tentang sejarah pos di Indonesia secara praktis dan informatif masih jarang ditemui. Guna merancang sebuah buku yang praktis dan mudah dimengerti, maka dipilihlah media komunikasi visual dalam bentuk visual book untuk mengemas informasi tentang sejarah Pos di Indonesia. Agar visual book tersebut menarik dan mudah dimengerti maka dipilihlah ilustrasi vector art dengan gaya flat design. Data-data tentang sejarah Pos di Indonesia yang akan digunakan sebagai sumber sejarah visual book terlebih dahulu disaring dari seberapa penting dan menariknya kejadian sejarah tersebut dan diurutkan kembali sesuai timeline. Kemudian data yang telah terkumpul diilustrasikan dengan gaya tersebut dan di-layout untuk menghasilkan sebuah visual book yang praktis dan informatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Visual Book, Sejarah Pos, Indonesia, Pra-Republik, Kemerdekaan Republik Indonesia, Vector Art, Flat Design
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:10
Last Modified: 24 Nov 2015 02:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item