Nopa Tarani, Tirta (2021) Sangkal Bolum. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Tirta Nopa Tarani_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
Tirta Nopa Tarani_2021_BAB I.pdf Download (14MB) |
|
Text
Tirta Nopa Tarani_2021_BAB KESIMPULAN.pdf Download (14MB) |
|
Video
Tirta Nopa Tarani_2021_LAMPIRAN 1.mp4 Restricted to Repository staff only Download (240MB) | Request a copy |
|
Text
Surat Pengganti Naskah Publikasi.pdf Download (199kB) |
|
Text
Tirta Nopa Tarani_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (213kB) |
Abstract
Karya tari berjudul Sangkal Bolum terinspirasi dari tari ritual Tinek Sentokep dalam upacara kematian Wara Nolang dari suku Dayak Lawangan penganut Kaharingan, yang berada di wilayah kecamatan Dusun Tengah, kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Suatu kejadian yang menginspirasi yaitu, ketika menyaksikan para penari melewati setiap pasang tongkat sakral yang membutuhkan keseimbangan emosi seperti fokus, berani, dan yakin agar berhasil melewati tantangan permainan pada tari ritual tersebut. Dari situlah terdapat pembelajaran penting mengingatkan ke dalam perjalanan hidup yang tidak luput dari berbagai macam masalah yang harus dihadapi demi mencapai tujuan berupa kebahagiaan dan kelegaan hati. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan bagi setiap orang yang sangat mudah dikendalikan oleh emosi, sehingga menyebabkan kehilangan fokus arah tujuan. Karya tari Sangkal Bolum ditarikan secara tunggal menggunakan cara ungkap kontemporer dan tipe dramatik yang terdiri dari lima adegan. Karya tari ini divisualkan dengan tetap mempertahankan spirit tradisi yang terinspirasi dari rangkaian aturan tari ritual Tinek Sentokep dalam kepercayaan suku Dayak Lawangan, hal tersebut dibutuhkan guna menghasilkan gerak yang diiringi musik kontemporer nuansa Kalimantan Tengah dalam format MIDI. Tata rias yang digunakan yaitu rias korektif dengan tata busana pertama mengenakan lilitan kain merah, kemudian tata busana kedua mengenakan atasan kemben dari kulit kayu (keang) dan bawahan mengenakan celana kulot dari bahan kain berwarna merah. Setting dan properti yang digunakan yaitu jembatan bambu dengan pola segitiga, tiga patung, beberapa obor dan lilin, sasanggan atau bokor, tangga, serta kain berwarna putih, kuning, dan merah. Karya tari Sangkal Bolum dikemas ke dalam format tari video dengan memilih ruang tari outdoor di sungai yang memilikibendungan. Sungai sebagai tempat pembersihan danpenyucian diri, sedangkan bendungan dibungkus kain putih yang membentuk profil gunung, bagian tengah dibuat tangga menurun ke sungai, merupakan simbol gunung Lemeut atau gunung suci sebagai tempat untuk melakukan doa sebelum menghadapi tantangan. Alasan lain memilih ruang tari di sungai yaitu untuk meletakkan setting jembatan bambu sebagai visualisasi tantangan yang dihadapi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sangkal Bolum, Tari Tunggal, Tari Video | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Tirta Nopa Tarani | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2022 06:28 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2022 06:28 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8966 |
Actions (login required)
View Item |