Novita, Bella (2021) Dayang Mase. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Bella Novita_2021_BAB 1.pdf Download (894kB) |
|
Text
Bella Novita_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (200kB) |
|
Text
Bella Novita_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Bella Novita_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Video
Bella Novita_2021_Lampiran 1.mp4 Download (176MB) |
|
Text
Bella Novita_2021_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Karya Dayang Mase mengisahkan kehidupan seorang perempuan yang diasingkan dikarenakan kesalahannya dan kekasihnya karena melanggar adat dalam masyarakat. Pengasingan itu dilakukan dengan memisahkan keduanya. Akibat dari hal tersebut ia merasakan tekanan jiwa dan raga. Setelah berjalannya waktu ia mencoba untuk bangkit demi bertahan hidup. Caranya dengan mempergunakan kepandaianya dalam berpantun dan kemahirannya dalam menari, hingga masyarakat mengenal kepandaian perempuan tersebut dengan nama Kesenian Campak. Kata Dayang Mase diambil dari Bahasa Melayu Belitung. Dalam Bahasa Indonesia, kata Dayang berarti perempuan yang belum menikah, sedangkan Mase berarti masa atau waktu. Judul tersebut mengartikan seorang perempuan yang belum menikah, menghabiskan waktunya sendiri sepanjang masa. Dalam proses penciptaan ini digunakan metode penciptaan M. Hawkins yang ditulis dalam Buku Creating Through Dance yang sudah diterjemahkan oleh Y.Sumandio Hadi (1990) “Mencipta lewat tari”. Metode ini menjelaskan tentang tiga bagian utama yaitu Ekplorasi, Improvisasi, dan Komposisi. Karya tari video Dayang Mase terinspirasi dari gerak Kesenian Campak dan menggunakan gerak dasar tari Melayu Belitung yaitu lenggang, step, dan jogged sebagai awal pengembangan dalam proses pencarian gerak menjadi lebih kreatif dan menarik serta menghadirkan gerak-gerak baru. Hasil penciptaan karya tari video dengan tipe dramatik yang terdiri dari 4 bagian. Bagian 1 menggambarkan kisah percintaan perempuan tersebut dengan kekasihnya hingga terpisahkan. Segment 2 menggambarkan perasaan perempuan tersebut saat dirinya dianggap tidak ada di lingkungan tersebut. Segment 3 menggambarkan semangat perempuan tersebut yang ingin bangkit kembali. Segment 4 menggambarkan penantian perempuan tersebut terhadap kekasihnya dan pada akhirnya penantian tersebut berujung sia-sia, sang kekasih tidak pernah menemuinya kembali
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perempuan, perjuangan, Kesenian Campak | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Bella Novita | |||||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2021 03:40 | |||||||||
Last Modified: | 23 Aug 2021 03:40 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8994 |
Actions (login required)
View Item |