Alif Naufal Pasya, Sutan (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Sutan Alif Naufal Pasya_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Sutan Alif Naufal Pasya_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text
Sutan Alif Naufal Pasya_2021_SURAT KETERANGAN TERBIT.pdf Download (279kB) |
|
Text
Sutan Alif Naufal Pasya_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Sutan Alif Naufal Pasya_2021_BAB V.pdf Download (318kB) |
Abstract
Karakter merupakan kepribadian yang khas pada diri seseorang yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dalam gerak, iringan, dan kostum pada tari juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro‟om Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian Tari Topèng Gettak di Pamekasan, Madura dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian mendapatkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan dilakukan penerapan dari hasil yang didapat kepada para peserta didik di Rumah Seni Madhu Ro‟om. Adapun beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak yaitu 1) religius, 2) disiplin, 3) tanggung jawab, 4) rasa ingin tahu, 5) cinta damai, 6) demokratis, dan 7) cinta tanah air. Penerapan yang diberikan seperti nilai disiplin, yaitu datang dan selesai dengan tepat waktu pada saat latihan. Nilai religius, yaitu selalu mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan dengan berdoa. Nilai cinta damai, yaitu mewajibkan para peserta didik mengenal satu sama lain dan saling membantu. Contoh penerapan tersebut dapat membantu peserta didik sebagai motivasi dalam latihan dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Topèng Gettak, Rumah Seni Madhu Ro‟om. | |||||||||
Subjects: | Fotografi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Sutan Alif Naufal Pasya | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2021 07:37 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2021 07:40 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9022 |
Actions (login required)
View Item |