Ayu Ria Latifa, Widya (2021) Analisis Semiotika Konotasi Pada Konten Video This Is April Dalam Media Sosial Tiktok. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Widya Ayu Ria Latifa_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
Widya Ayu Ria Latifa_2021_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
Widya Ayu Ria Latifa_2021_BAB V.pdf Download (706kB) |
|
Text
Widya Ayu Ria Latifa_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (6MB) |
|
Text
Widya Ayu Ria Latifa_2021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Widya Ayu Ria Latifa_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
Abstract
Di era digital saat kini, media sosial telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Media sosial saat ini telah mencakup berbagai macam kebutuhan masyarakat, seperti TikTok yang dimanfaatkan oleh This Is April sebagai media promosi baru. TikTok merupakan media sosial hiburan yang menjadi sebuah gaya promosi baru di era digital masa kini, dimana sebuah promosi dikemas ke dalam sebuah video pendek dengan suara atau lagu yang bersifat atraktif. Di dalam media sosial, tanda verbal dan tanda visual memiliki fungsi yang lebih dinamis dalam penyampaian komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda dan makna konotasi representasi dari konten video This Is April dalam media sosial TikTok pada periode Juni hingga November 2020 dengan penonton di atas sepuluh ribu. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan konsep Triadik Sumbo Tinarbuko dalam teori Semiotika Komunikasi Visual Sumbo Tinarbuko, peneliti mengidentifikasi sekaligus menganalisis tanda verbal dan tanda visual, kemudian mengungkap makna konotatif dari pesan yang muncul pada konten video This Is April dalam media sosial TikTok. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan dari kelima video This Is April terdapat tanda yang terdiri dari: tanda verbal (teks, caption, tagar, dan lirik lagu) dan tanda visual (ikon, simbol, indeks, background, warna, komposisi, teknik pengambilan gambar, gerakan, dan audio), serta makna konotasi yang muncul secara keseluruhan yakni This Is April ingin menggaungkan gaya hidup kebebasan dalam berpakaian sebagai identitas baru TikTokers Milenial (khususnya perempuan) melalui gaya berpakaian kasual, dimana perempuan bebas mengenakan pakaian apapun dan mengkombinasikan pakaian apapun dan tidak ada batasan bentuk tubuh, warna kulit, maupun tinggi badan. Kata kunci: tiktok, media promosi, semiotika komunikasi visual
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tiktok, Media Promosi, Semiotika Komunikasi Visual | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Widya Ayu Ria Latifa | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2021 07:51 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2021 07:51 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9041 |
Actions (login required)
View Item |