Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Anak melalui Permainan Papan

Aan Machfudzi, Moch. (2021) Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Anak melalui Permainan Papan. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
MOCH. AAN MACHFUDZI_2021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256MB) | Request a copy
[img] Text
MOCH. AAN MACHFUDZI_2021_BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
MOCH. AAN MACHFUDZI_2021_BAB 5.pdf

Download (30MB)
[img] Text
MOCH. AAN MACHFUDZI_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (72MB)
[img] Image
MOCH. AAN MACHFUDZI_2021_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB) | Request a copy
[img] Text
MOCH. AAN MACHFUDZI_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut, penulis menawarkan solusi pemecahan masalah melalui perancangan komunikasi visual permainan papan sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun. Untuk memperkuat konsep perancangan tersebut, penulis melibatkan teori Bermain, Imajinasi, dan Kreativitas Anak, Bermain sambil Belajar melalui Pendekatan Gamifikasi, teori Permainan Papan sebagai Media Edukasi, Merancang Permainan Papan Menggunakan Pendekatan Gamifikasi, serta Komunikasi Visual untuk Permainan Anak. Selain itu, penulis juga menggunakan metode design thinking yang memiliki tujuh tahap, yaitu Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, dan Learn. Nilai kebaruan dari perancangan komunikasi visual ini adalah sebuah permainan papan yang interaktif dengan pendekatan gamifikasi untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun dalam usaha menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dihadirkan ke dalam bentuk fisik. Selain itu terdapat fungsi lainnya, yaitu sebagai sarana hiburan keluarga di tengah-tengah pandemi COVID-19. Dengan hadirnya perancangan permainan papan ini diharapkan dapat membantu perkembangan ilmu desain komunikasi visual khususnya yang berhubungan dengan penyampaian pesan edukasi kepada anak, serta diharapkan dapat membantu orangtua yang merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Permainan papan, kesehatan gigi dan mulut, anak, design thinking

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aan Machfudzi, Moch.nim1821157411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIsidorus, Tyas Sumbo Tinarbukonidn0001046616
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Permainan papan, kesehatan gigi dan mulut, anak, design thinking
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Moch. Aan Machfudzi
Date Deposited: 20 Aug 2021 10:00
Last Modified: 20 Aug 2021 10:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9130

Actions (login required)

View Item View Item