Kurniawati, Ari (2021) Analisis Struktur Tari Lelaledhung Karya Endang Retno Wigiyarti. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
ARI KURNIAWATI_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
ARI KURNIAWATI_2021_BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
ARI KURNIAWATI_2021_BAB IV.pdf Download (354kB) |
|
Text
ARI KURNIAWATI_2021_JURNAL.pdf Download (530kB) |
|
Image
ARI KURNIAWATI_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.jpg Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
Abstract
Tari Lelaledhung merupakan tarian yang diciptakan oleh Endang Retno Wigiyarti pada tahun 2007. Tari Lelaledhung ini merupakan salah satu tari gaya Yogyakarta. Tarian ini termasuk dalam kategori tari putri gaya Yogyakarta. Lelaledhung dalam budaya Jawa adalah salah satu tembang atau lagu yang digunakan untuk menimang anak sebelum tidur. Tari Lelaledhung merupakan tari yang materi dasar tariannya bersumber dari materi-materi tradisional. Tarian ini memiliki kesamaan konsep dengan tari Bondan gaya Surakarta yang properti tarinya berupa payung dan boneka. Tetapi dari segi gerak, iringan, dan unsur lainnya tari Lelaledhung ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang sedang menimang, menjaga atau momong adiknya, membantu sang ibu agar adiknya tidak rewel. Dalam tari Lelaledhung, ide tersebut disampaikan sebagai anak-anak yang berimajinasi sedang berias dan bermain boneka. Tarian ini ditarikan oleh penari perempuan dengan menggunakan kain sampur serta menggendong bayi yang diwujudkan dengan properti berupa boneka bayi yang dibedong menggunakan kain batik panjang. Tarian tersebut dapat ditarikan oleh penari yang masih diusia anak-anak maupun penari usia dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural. Pendekatan struktural digunakan untuk melihat tata hubungan antar elemen objek tarian dari segi struktural yaitu tata hubungan hierarki dan tata hubungan paradigmatis. Pada tata hubungan hierarki yang akan akan dianalisis adalah elemen gerak pada pembagian gerak tubuh dan tata hubungan dengan musik dari tataran besar hingga tataran kecil yang disebut gugus gerak, kalimat gerak, frase gerak, dan motif gerak. Pada tata hubungan paradigmatis, akan mengupas mengenai unsur paradigmatis yang terdapat pada gerak yang memiliki pola hitungan dan unit irama yang sama. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa tari Lelaledhung merupakan tari putri gaya Yogyakarta ciptaan baru. Tarian ini diciptakan untuk semua kalangan usia. Elemen dasar serta unsur dalam tarian ini terkesan ajeg dan dinamis mulai dari motif gerak tari hingga seluruh keutuhan bagiannya. Dasar penelitian yang akan dilakukan dengan mengupas tata hubungan yang ada antara elemen dalam tarian. Pada penyusunan tata hubungan dikelompokkan dalam tata hubungan hierarki serta tata hubungan paradigmatis yang berhubungan dengan motif dan iringan dalam tarian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODPRODI91231#SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tari Putri, Tari Lelaledhung, Analisis Struktur Tari. | |||||||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | |||||||||
Depositing User: | Ari Kurniawati | |||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2021 01:17 | |||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2021 01:17 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9145 |
Actions (login required)
View Item |