Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Permainan Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta

R. Fanny Printi Ardi, NIM 132 0739 411 (2015) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Permainan Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (700kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Permainan tradisional merupakan budaya yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta selain tarian, dan nyanyian. Permainan tradisional juga sebagai identitas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Pada era sekarang sudah jarang ditemui anakanak bermain permainan tradisional. Dibandingkan dengan permainan seperti playstation, game tablet dan online game, permainan tradisional memiliki banyak manfaat, mulai dari sisi psikologi, sosiologi, sportifitas, kesehatan, dan masih banyak lainnya. Sangat disayangkan apabila warisan budaya yang baik untuk kepentingan perkembangan anak-anak di masa depan ditinggalkan. Maka, diperlukan suatu perancangan iklan layanan masyarakat permainan tradisional di D.I. Yogyakarta. Metode penciptaaan menggunakan pendekatan design thinking. Metode ini merupakan metode untuk bisa mendekatkan target audien dengan designer. Analisis didalamnya menggunakan beberapa metode analisa, seperti 5W+1H untuk membedah permasalahan, metode costumer journey untuk menentukan media yang tepat untuk target audien. Pemetaan ide penciptaan menggunakan mindmapping dan konsep berpikir triadik yang dikenalkan oleh Drs. Isd. Sumbo Tinarbuko, M.Sn. “Anak Hilang” sebagai ide penciptaan, dan menjadi acuan untuk perancangan iklan layanan masyarakat. Pendekatan psikologis dan sosiologis digunakan sebagai media komunikasi penyampai pesan terhadap target audien. Isu Angeline si “anak hilang” cukup menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia, dan isu tersebut diangkat sebagai tema penciptaan iklan layanan masyarakat ini. Antusiasme yang hebat pada isu tersebut yang ingin coba diadopsi untuk perancangan ini .Visualisasivisualisasi tentang anak hilang selalu diketengahkan dalam proses komunikasi visual. Perancangan iklan layanan masyarakat ini memiliki nilai kebaruan berupa komunikasi visual yang menggunakan isu-isu terkini dalam menyampaikan pesannya, sehingga dapat dijadikan acuan bagi perancang grafis dalam menciptakan desain komunikasi visual yang baru dan unik. Diharapkan karya-karya yang diciptakan bukan hanya sekedar menjadi apresiasi melainkan mampu membuka cara pandang baru dalam mewujudkan karya desain komuniksi visual lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
R. Fanny Printi Ardi, NIM 132 0739 411UNSPECIFIED
Department: Program S-1 Disain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa
Uncontrolled Keywords: Anak hilang, Iklan Layanan Masyarakat, Permainan tradisonal, Yogyakarta, perancangan
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 27 Nov 2015 01:36
Last Modified: 27 Nov 2015 02:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item