Syamsuddin Tahir, 122 0686 412 (2015) Aktualitas Musik Dalam Ritual Adat Orang Wotu. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB 1.pdf Download (890kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 4.pdf Download (586kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tesis ini berjudul “ Aktualitas Musik Dalam Ritual Adat Orang Wotu “ yang bertujuan membahas hasil penelitian yang menjawab masalah atau “kasus” tentang proses keberadaan pola ritmik yang digunakan sebagai musik yang mengiringi tarian dalam acara adat istiadat orang wotu yang sifatnya ritual, termasuk untuk menjawab kasus yang diteliti bahwa kenapa orang wotu memakai musik dan juga untuk mengetahui implementasi pola ritmik dan tenpo ketukan musik yang digunakan dalam acara adat dan keterkaitan dengan kehidupan sosial orang wotu. Dan pada akhirnya tujuan penelitian untuk mengetahui aspek pola ritmik dan tenpo musik, menganalisis bentuk musik dan proses keberadaannya yang teraktualitas saat ini dalam musik gendang, serta mengetahui inplementasi pola ritmik dan tenpo musik dalam acara ritual yang mencakup aspek musikologi dalam kehidupan sosial orang wotu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Levi Strauss dalam buku Antropologi Struktural. Dengan kasus kreativitas dan aktifitas kehidupan suatu suku berkaitan dengan aturan adat istiadat, disamping itu digunakan pula buku Antropologi Musik dari Alan P. Merriam yang berisi tentang kajian-kajian musik dengan sudut pandang antropologis, pemikiran Branislow Malinouski dalam buku Coral Gardens and Their Magic yang berisi penggunaan praktis ilmu antropologi dalam meneliti proses perubahan kebudayaan tradisional suatu bangsa, untuk lebih menguatkan penelitian ini digunakan pula hasil pemikiran Mircea Elianda dalam buku Mitos Gerak Kembali Yang Abadi. Buku Mircea ini memuat tentang mitos, kosmos dengan sejarah yang mengupas bahwa manusia kuno menatap masa depan dan bukan sebagai sejarah yang linear dan progresif tetapi sebagai rangkaian perjalanan kreatif dari arketif primordial. Apapun dinamika manusia selalu tidak lepas dari emosi, maka digunakan pula pemikiran Djohan Salim dalam buku Respon Emosi Musikal yang memuat pernyataan hasil penelitian bidang psikologi musik yang menyatakan bahwa musik memiliki kekuatan menstimulasi emosi atau mengkreasi musik yang tidak lepas dari aspek emosi. Penelitian ini menggunakan metode kuualitatif dan melakukan analisis pada data yang diperoleh, serta pengamatan dilapangan yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian dalam kasus yang diteliti. Teknik mengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : Studi Pustaka, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Data diperoleh di olah dan di analisis kemudian di interpretasi, setelah itu dibuat kesimpulan yang memuat jawaban tentang pertanyaan penelitian. Dan sebagai penutup tulisan dibuat saran dari peneliti yang bertujuan mengharap pada peneliti selanjutnya dapat lebih melengkapi kekurangan-kekurangan dari penelitian ini
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program S-2 Studi penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Uncontrolled Keywords: | Aktualitas Musik, Ritual Adat, Orang Wotu, musik gendang, respon emosi | ||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||
Date Deposited: | 27 Nov 2015 05:15 | ||||
Last Modified: | 27 Nov 2015 05:15 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
View Item |