Perancangan Kampanye “MAGER BARENG NGD” Pada Media Sosial New Generation Dojo

Pohvera, Cindy (2021) Perancangan Kampanye “MAGER BARENG NGD” Pada Media Sosial New Generation Dojo. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Cindy Pohvera_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Cindy Pohvera_2021_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cindy Pohvera_2021_BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cindy Pohvera_2021_JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Video
Cindy Pohvera_2021_TEASER KARYA.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (52MB) | Request a copy
[img] Text
Cindy Pohvera_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan manusia, kesehatan tubuh adalah hal yang harus dijaga. Pandemi COVID-19 yang menyerang dunia pada tahun 2020 membuat pemerintah Indonesia membuat kebijakan untuk membatasi mobilitas masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran virus. Di sisi lain, kebijakan ini mendukung peningkatan gaya hidup sedentary (sedikit bergerak) di masyarakat sehingga mereka terancam penyakit tidak menular dan melemahnya ketahanan tubuh dikarenakan minimnya aktivitas fisik. NGD sebagai sentra olah raga mencoba hadir sebagai sebuah mentor serta NGD membawa bela diri sebagai salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran di masa pandemi COVID-19. Perancangan ini menggunakan strategy of persuation (Harwood Childs) dimana NGD mengangkat segi emosional dari cerita atau informasi yang dibagikan untuk menggugah opini publik mengenai akibat dari gaya hidup sedentary atau biasa disebut mager (males gerak). Model komunikasi yang digunakan adalah model AISAS (Dentsu Way) untuk mengkomunikasikan kampanye dengan memanfaatkan kekuatan media sosial sebagai media penyebaran dengan #magerbarengngd. Model komunikasi ini menjadi panduan dalam setiap konsep konten yang dirancang, dimana setiap konten seputar kampanye dalam media sosial NGD harus mempertimbangkan respon atau perilaku audiens seperti: attention (perhatian), interest (ketertarikan), search (pencarian), action (melakukan), share (membagikan) agar kampanye ini dapat tersebar luas ke masyarakat karena disebarkan oleh audiens itu sendiri sebagai agen pembawa informasi di era digital sekarang ini. Maka dari itu, dibuatlah kampanye “Mager Bareng NGD” untuk mengedukasi serta mengajak masyarakat menjaga kesehatan tubuh dengan cara berlatih fisik yang simpel dengan usaha yang minim, namun jika dilakukan secara rutin dapat memberikan dampak yang positif bagi tubuh walaupun terbatas secara tempat dan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Pohvera, Cindynim1410112124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidyo Harsanto, Prayantonidn0011026307
ContributorUtama, Adityanidn0009098410
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: pandemi Covid-19, sedentary, mager, media sosial, kampanye
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Cindy Pohvera
Date Deposited: 22 Aug 2021 23:09
Last Modified: 22 Aug 2021 23:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9375

Actions (login required)

View Item View Item