Musik Tari Upacara Adat Seblang Di Kabupaten Banyuwangi

Arbai Wiradinanda., No.Mhs. 8710106012 (1993) Musik Tari Upacara Adat Seblang Di Kabupaten Banyuwangi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Eksistensi musik tari Seblang yang selalu terkait dengan upacara ritual rakyat di desa Olehsari dengan sen­ dirinya digolongk.an sebagai musik kerakyatan . Penggolongan ini seiring dengan sifat dari upacara adat Seblang sebagai suatu kegiatan upacara adat yang timbul dari budaya masya­ rakat petani Banyuwangi . Ansambel musik tari Seblang lebih memiliki dimensi sosio religius di tengah masyarakatnya, terutama dalam fungsinya yang cukup penting dari rangkai an kegiatan upa­ cara adat Seblang. Pada sisi tertentu musik tari Seblang berperan sebagai sarana hiburan , sisi iain •musik tari Se­blang berfungsi sebagal pembagi adegan dari tarian . Sesu­ atu yang menarik, keseluruhan adegan dari musik Seblang harus dipenuhi . Jikalau ada satu atau dua adegan dari musik terlewatkan roh-roh yang ada di dalam tubuh penari Seblang akan marah dan tidak mau keluar dari tubuh penari , tetapi setelah dipenuhi adegan yang terlewatkan itu barulah roh tersebut dengan suka rela keluar dari tubuh penari . Musik tari di dalam upacara adat Seblang memang bukan aspek yang ditonjolkan. Keberadaannya merupakan sebagai pelengkap yang tidak boleh diabaikan dari upacara adat Seblang. De ngan. demikian , musik tari Seblang bersifat membantu dan menopang sesuatu yang paling utama, yaitu gerak tari . Akan tetapi musik tari Seblang bukanlah sebagai pengiring tari, yang dimaksud adalah musik yang mengikuti ritme gerak tari, melainkan musik sebagai pengikat tari . Di lihat dari syairnya , gending Seblang merupakan lagu-lagu khusus yang berbahasa Osing kuna . Struktur kata­ katanya banyak menggunakan simbol personifikasi, metafora, dan imajinasi natural. Lagu-lagu Seblang dibentuk dengan nafas erotis religius dengan mendekatkan kepada kejadian alam. K.arenan.ya untuk memahami isi dan arti tersebut haruslah memiliki pengetahuan yang luas. Secara musikologis, oekestrasi musik tari Seblang merupakan peristiwa yang menarik. Di lihat dari pembawaan karakter musik Banyuwangi, gaya melodis yang membentuk harmoni yang selaras, teknik tabuhan saron yang cenderung improvisaroris, vokal yang sering diulang – ulang, kendang sebagai pemimpin irama, konsep musikal yang oral serta komunikasi masyarakat pendukungnya. Keseluruhan koponen tersebut di atas menampakkan bentuk dan ciri dari musik tari Seblang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Arbai Wiradinanda., No.Mhs. 8710106012UNSPECIFIED
Department: Program Studi S-1 Etnomusikologi pada Fakultas Seni Pertunjukan
Uncontrolled Keywords: musik tari, upacara Seblang, Banyuwangi, lagu - lagu, roh - roh
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 04 Dec 2015 03:25
Last Modified: 04 Dec 2015 03:25
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item