Rahajeng, Pangasti (2013) Perancangan Komunikasi Visual Perancangan Permainan Edukatif Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Peraturan dalam Berlalulintas untuk Anak-anak Dilengkapi dengan Lift The Flap. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Tingkat kepadatan lalu lintas di Indonesia sangatlah tinggi, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Sehingga kecelakaan yang disebabkan oleh lalu lintaspun banyak dijumpai, tidak hanya di kota besar, di kota kecil pun sering dijumpai kecelakaan lalu lintas karena kelalaian atau pun karena keadaan jalan. Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah faktor manusia, faktor ini adalah faktor yang dominan dalam penyebab kecelakaan, karena hampir semua kecelakaan yang terjadi karena pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran tersebut dapat terjadi karena pengguna jalan sengaja melanggar atau tidak melihat ketentuan yang berlaku atau dalam hal ini dalah rambu-rambu lalu lintas. Upaya menekan jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas pun terus ditingkatkan oleh pemerintah dan instasi terkait, salah satunya adalah pihak kepolisian khususnya satuan Ditlantas Polri Yogyakarta berupaya memperkenalkan atau mensosialisasikan rambu-rambu dan aturan-aturan lalu lintas lebih dini kepada anak-anak, khususnya anak-anak Taman Kanak-kanak maupun Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Permainan edukatif pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan peraturan berlalulintas untuk anak-anak yang dilengkapi dengan lift the flap ini adalah sebuah permainan yang berisi tentang macam-macam rambu-rambu dann peraturan berlalulintas. Dalam permainan ini dibutuhkan sebuah papan permainan, 4 buah bidak, 1 buah dadu, kartu tantangan, buku panduan permainan dan pin patuh lalu lintas. Dengan bidak karakter yang menggunakan alat transportasi. Terdapat pula kartu tantangan yang berisi tujuan ke tempat-tempat penting dan tempat wisata di Yogyakarta, para pemain diharuskan menaati peraturan agar sampai pada tempat tujuan agar mendapatkan pin taat peraturan lalu lintas. Tujuan utama dari perancangan ini yaitu memberikan informasi melalui media yang tepat tentang pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan peraturan lalu lintas, maka diharapkan dapat membantu mengenalkan macam-macam dan jenisjenis rambu-rambu lalu lintas serta peraturan lalu lintas khususnya kepada anakanak, sehigga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di kemudian hari. Demikian juga dengan orang tua dapat lebih waspada dalam memperhatikan keselamatan dan wawasan berlalulintas untuk anak-anak mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Rambu Lalu Lintas, Peraturan Lalu Lintas, Permainan Edukatif, Permainan Rambu-rambu Lalu lintas, Board game dan anak-anak | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2021 04:49 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2021 04:49 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9681 |
Actions (login required)
View Item |