Nugroho Hari Wibowo, Philipus (2012) Konsep Teater Epik Brecht dalam Film Dogville. Journal of Urban Society's Arts, 12 (2). pp. 55-64. ISSN 2355-214X
Text
adoc.pub_konsep-teater-epik-brecht-dalam-film-dogville.pdf - Published Version Download (213kB) |
Abstract
Film yang menggunakan panggung sebagai tempat kejadian (setting) masih jarangditemukan di Indonesia. Kalaupun ada film-film tersebut hanyalah mengisahkankehidupan orang-orang teater dengan segala aktivitas kesehariannya, ataumentransformasikan naskah-naskah panggung menjadi sebuah film. Film Dogvillekarya sineas Denmark, Lars von Trier, menggunakan konsep pemanggungan teater dalam penggarapan filmnya.Dalam film tersebut, setting sebuah kota hanyadihadirkan disebuah studio besar (panggung) dengan garis-garis kapur yangdianggap mewakili berbagai macam benda ataupun dinding yang memisahkan satutempat dengan tempat lainnya. Furnitur yang dihadirkan sangat minimalis, hanyabeberapa benda saja yang dihadirkan yang dianggap cukup mengidentifikasikantempat tersebut. Background yang dipakai hanya layar hitam dan putih untukmembedakan adegan malam dan adegan siang. Berdasarkan kesamaan strukturpembentuk yang terdapat dalam film (narasi) dan teater, yaitu tema, alur,penokohan, dan setting yang dipaparkan secara deskriptif, dapat dibuktikan
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Teater Epik, film, Brecht, Dogville | ||||
Subjects: | Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi) Televisi > Televisi Journal dan Terbitan Berkala |
||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater | ||||
Depositing User: | Philipus Nugroho Hari Wibowo | ||||
Date Deposited: | 13 Sep 2021 15:38 | ||||
Last Modified: | 13 Sep 2021 15:38 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9800 |
Actions (login required)
View Item |