Fakhri, Isa Maulana (2013) Metode Permainan Flute Keroncong Asli Mengacu pada Lagu Kr. Burung Kenari oleh Orkes Keroncong Bintang Jakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Download (992kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Pada dasarnya metode pelatihan flutekeroncong asli ini didapatkan dari isian-isian dan voorspel pada lagu Kr. Burung Kenari. Hasil dari analisis voorspel dan isian-isiannya, terdapat unsur-unsur improvisasi yaitu lick dan chordal. Untuk metode pelatihannya dapat diambil dari teknik-teknik yang dimainkan instrumen flute pada lagu tersebut. Pelatihan teknik yang digunakan diantaranya adalah memainkan pola-pola teknik tangga nada, bentuk melodi dengan sekuens naik-turun, pengembangan dari unsur-unsur lick, tri suara. Pada setiap pola yang dimainkan, secara keseluruhan selalu dimulai dengan tempo sedang, lambat, dan cepat. Pelatihan flute keroncong juga harus sering dilatih dengan combo keroncong, agar tidak hanya teknik-teknik flute yang didapat, tetapi rasa atau roh keroncongnya juga didapat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | keroncong | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2021 03:53 | |||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2021 03:53 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9928 |
Actions (login required)
View Item |