Budi Sulistiyo, Muhammad (2013) Perancangan Silent Graphic Novel Legenda Mahameru. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) | Request a copy |
Abstract
Gambar telah menjadi media komunikasi jauh sebelum huruf muncul. Gambar memberi banyak makna dan arti didalamnya, berbeda orang yang melihat bisa berbeda pula tafsirannya. Namun dengan susunan alur yang baik, gambar bisa menjadi sebuah rangkaian kisah yang bisa dinikmati walau masih menimbulkan perbedaan tafsir pada tiap individu yang melihatnya. Novel grafis, sebagai sebuah media yang menyatukan kumpulan gambar menjadi sebuah cerita mulai berkembang menjadi sebuah karya yang terlalu penuh dengan kata-kata. Pada kemunculannya, novel grafis merupakan sebuah kumpulan gambar tanpa kata, gambarlah yang menjadi kunci jalannya cerita, seperti namanya, sebuah novel yang diceritakan dengan grafis, bukan kata-kata. Gambar dan novel grafis memiliki kesamaan dalam budaya lokal Indonesia khususnya di Jawa, yaitu relief pada candi yang menceritakan kisah-kisah epos dengan bahasa gambar. Jawa di masa lalu merupakan pusat peradaban dan kesenian di Nusantara. Banyaknya kerajaan yang megah serta candi-candi dengan reliefnya yang indah. Candi merupakan sebuah bangunan keagamaan yang dibangun meniru bentuk Mahameru, dan kisah yang menceritakan awal mula semua gunung, peradaban dan candi tertulis pada sebuah kitab Hindu, Serat Tantu Panggelaran. Percampuran budaya klasik dan modern merupakan sebuah perpaduan yang bagus untuk menceritakan kembali kisah-kisah yang indah, sekaligus menjadi sebuah media yang tepat untuk menjaring pembaca muda untuk lebih mengenal legenda tanah Jawa dengan bahasa gambar sebagai bahasa utama untuk memunculkan sensasi membaca kisah pada relief candi yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Silent, Graphic Novel, Visual Language | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 21 Sep 2021 22:15 | |||||||||
Last Modified: | 21 Sep 2021 22:15 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10005 |
Actions (login required)
View Item |