Keseniaan Kentrung Sedyo Rukun di Kabupaten Tulungagung: Suatu Kajian Etnomusikologi

Soenarno Tri Binarto, SRB (1993) Keseniaan Kentrung Sedyo Rukun di Kabupaten Tulungagung: Suatu Kajian Etnomusikologi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
026-KT009279-1.pdf - Submitted Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text
026-KT009279-2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
026-KT009279-3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
026-KT009279-4.pdf - Submitted Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
026-KT009279-5.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
026-KT009279 lampiran.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Di Kabupaten.Tulungagung terdapat suatu bentuk kesenian tradisional rakyat, yakni kesenian Kentrung Sedyo Rukun di desa Batangsaren, kecamatan Kauman, kahupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kesenian Kentrung ini telah memiliki nomor induk, no: 063/D-T.Agung yang berdiri pada tanggal 1 Februari 1978, dengan dua orang pemain yang merupakan pasangan suami-istri. Bentuk penyajian kesenian Kentrung Sedyo Rukun memiliki dua unsur seni, yakni seni musik dan seni sastra. Untuk seni musik terwujud dalam penyajian musik instruman dan musik vokal yang disajikan. Unsur seni sastra terwujud dalam penyajian ceriteranya. Instrumen yang digunakan adalah : kendang, ketipung, templing dan terbang. Tabuhan instrumen yang dogunakan: tabuhan merak tarung, guntur, ganongan dan tabuhan kembang jeruk. Adapun nusik vokalnya adalah bentuk guritan dan parikan. Ceritera yang disajikan antara lain: wali Sanga, Prawan Sunthi, Kyai Dullah Juwair, Babad tanah Jawa dan babad Tulungagung.'Ceritera yang disajikan merupa cerita yang telah dikenal masyarakat. Dalam penyajian ceritera juga terdapat jenturan, carita, pocapan dan keprakan, seperti dalam penyajian wayang kulit. Fungsi kesenian Kentrung Sedyo Rukun dapat ditinjau dari segi sasaran dan penyajiannya. Jika ditinjau dari segi sasarannya, mamiliki fungsi sehagai sarana upacara keagamaan, upacara adat keluarga, hiburan, komunikasi din sebagai sarana pendidikan. Jika diitinjau dari sifatnya, memiliki fungsi penyajian yang bersifat khusus, yakni dalam upacara keagamaan hanya khusus untuk agama islam, sedangkan fungsi penyajian yang bersifat umu yakni ditujukan bagi masyarakat umum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Soenarno Tri Binarto, SRBUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
EditorSunaryo, SNUNSPECIFIED
Department: Jurusan Etnomusikologi
Uncontrolled Keywords: Kesenian Islam, Seni Tradional, Budaya - Islam
Subjects: Karawitan
Etnomusikologi
Depositing User: Heri HK Hakim
Date Deposited: 15 Dec 2015 03:27
Last Modified: 15 Dec 2015 03:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item View Item