Perbandingan Hasil Pembelajaran Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kontrapung Menggunakan Pendekatan Free Counterpoint Dan Strict Counterpoint

Larawona, Benedicta Widyananda (2021) Perbandingan Hasil Pembelajaran Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kontrapung Menggunakan Pendekatan Free Counterpoint Dan Strict Counterpoint. Skripsi thesis, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI siap buat WATER MARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SUDAH WATERMARK (1).pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V SUDAH WATERMARK (1).pdf

Download (135kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI BENEDICTA.pdf

Download (663kB)
[img] Text
IMG_20211118_0001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hasil pembelajaran kontrapung dengan menggunakan pendekatan free counterpoint dan strict counterpoint. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S-1 Musik dan Program Studi S-1 Pendidikan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini didapat dari jasil observasi, wawancara dan studi pustaka selama proses pembelajaran Kontrapung berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Prodi S-1 Musik menggunaka pendekatan free counterpoint lebih mengarah kepada kebebasan dalam membuat melodi kontrapung. Prodi S-1 Pendidikan Musik menggunakan pendekatan strict counterpoint lebih mengarah kepada aturan dasar kontrapung yang kuat sehingga struktur melodinya kaku. Pendekatan free counterpoint memiliki delapan step sedangkan pendekatan strict counterpoint menggunakan metode species counterpoint dan memiliki lima species. Hasil pembelajaran Kontrapung dari kedua Prodi tersebut diperoleh dari hasil akumulasi nilai tugas, latihan, presensi dan tugas akhir Penggunaan metode free counterpoint dan strict counterpoint merupakan cara untuk menjelaskan bagaimana membuat melodi kontrapung sesuai dengan aturan pada masing-masing pendekatan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada pengajar mata kuliah Kontrapung menjelaskan bahwa mahasiswa cukup aktif dalam pemnelajaran dan dapat memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Larawona, Benedicta Widyanandanim17101060132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorNainggolan, Oriana Tio Parahitanidn0025058303
ContributorYunita, Ayu Trisnanidn0021067704
Department: KODEPRODI91221#MUSIK
Uncontrolled Keywords: Hasil pembelajaran, Kontrapung, free counterpoint
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 20 Nov 2021 06:48
Last Modified: 20 Nov 2021 06:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10282

Actions (login required)

View Item View Item