Videy Sukarno, Samuel (2021) Perancangan Media Promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Samuel Videy Sukarno_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Samuel Videy Sukarno_2022_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Samuel Videy Sukarno_2022_BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Samuel Videy Sukarno_2022_JURNAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
Samuel Videy Sukarno_2022_KARYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (52MB) | Request a copy |
|
Text
Samuel Videy Sukarno_2022_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
Abstract
Wisata alam merupakan tujuan wisata yang sedang marak dan sering diperbincangkan belakangan ini, karena semakin banyak masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di perkotaan ingin merasakan suasana alam yang menyejukkan dan damai. Hal ini dilakukan banyak orang untuk relaksasi sejenak dari suasana perkotaan yang padat kendaraan dan sesak penuh polusi. Dengan begitu Desa Wisata Bale Bukit Zaitun hadir sebagai jawaban keinginan bagi banyak orang yang ingin merasakan suasana alam yang masih asri dan terjaga kelestarian lingkungannya. Tidak hanya memiliki suasana alam namun juga memiliki nilai budaya sejak zaman leluhur hingga zaman sekarang yang masih dilestarikan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Namun dari banyaknya potensi tersebut desa wisata ini masih memiliki beberapa kekurangan dari sisi media promosi dan identitas visual yang dibutuhkan guna menambahkan nilai positif bagi desa wisata ini menjadi lebih matang lagi dalam sisi pengembangan desa wisata. Data yang digunakan sebagai dasar rancangan ini dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) karena bersifat lebih fleksibel dan eksploratif ketika digunakan untuk mengumpulkan data yang dapat membantu perancangan ini lebih tepat sasaran dan sesuai kebutuhannya. Tujuan perancangan ini dibuat agar masyarakat lokal sekitar Kepulauan Nias maupun masyarakat seluruh Indonesia bisa mengetahui bahwa ada desa wisata yang menarik untuk dikunjungi yang berlokasi di Desa Hilimböwö, Kabupaten Nias Barat. Begitu juga manfaat perancangan ini bagi Desa Wisata Bale Bukit Zaitun adalah terciptanya identitas visual yang dapat dikenal dengan mudah oleh masyarakat dan diharapkan kedepannya bisa tertanam pada benak masyarakat. Kesimpulannya perancangan ini dikemas dalam bentuk media promosi dan beberapa media dalam lingkup identitas visual yang dibangun pada lingkungan desa wisata demi menunjang kualitas Desa Wisata Bale Bukit Zaitun menjadi lebih baik lagi dari sisi desain komunikasi visual. Oleh karena itu perancangan ini sangat dibutuhkan bagi Desa Wisata Bale Bukit Zaitun demi menunjang keberhasilan desa wisata ini. Kata kunci: Desa wisata, media promosi, identitas visual, branding, wayfinding, Nias barat, Sumatera.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Desa wisata, media promosi, identitas visual, branding, wayfinding, Nias barat, Sumatera. | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Samuel Videy Sukarno | |||||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2022 22:44 | |||||||||
Last Modified: | 28 Feb 2022 22:44 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10880 |
Actions (login required)
View Item |