Adaptasi Pemusik Dalam Pujian Dan Penyembahan Daring Pada Kebaktian Umum Gereja Jemaat Allah Global Indonesia Semarang Tahun 2021

Gerald Pasius Masengi, Kima (2022) Adaptasi Pemusik Dalam Pujian Dan Penyembahan Daring Pada Kebaktian Umum Gereja Jemaat Allah Global Indonesia Semarang Tahun 2021. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN (wm).pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP (wm).pdf

Download (490kB)
[img] Text
JURNAL KHIMA TITIP (wm).pdf

Download (394kB)
[img] Text
Kima_2022_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Kima_2022_Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini membahas menengenai proses adaptasi pemusik dalam pujian dan penyembahan pada kebaktian umum gereja Jemaat Allah Global Indonesia tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara pra-observasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskripif interpretatif. Hasil penelitian ini secara garis besar, bahwa di gereja JAGI Semarang terdapat problematika pada proses pujian dan penyembahan yang tidak maksimal dikarenakan regulasi pemerintah sehubungan dengan pandemi covid19. Hal ini menjadi masalah utama dikarenakan peribadatan berpotensi berkumpulnya masa. Proses pemusik untuk mengiringi sesi pujian dan penyembahan menjadi daring. Pemusik melakukan adaptasi tingkah laku untuk menyesuaikan perubahan. Teknik siaran langsung atau live streaming digunakan pemusik untuk mengiringi proses pujian dan penyembahan dalam kebaktian umum gereja JAGI Semarang. Kendala yang dialami adalah penyesuaian sistem teknologi dalam melakukan teknis siaran langsung. Ada beberapa perangkat baru baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang ditambahkan pemusik untuk menunjang proses pujian dan penyembahan daring di gereja JAGI Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Gerald Pasius Masengi, Kimanim15100620131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSitinjak, Lindanidn0001076707
ContributorMardalena Pasaribu, Riantinidn0018067002
Department: KODE PRODI#91221 SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Pemusik, Pujian Dan Penyembahan
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Kima Gerald Pasius Masengi
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:29
Last Modified: 14 Sep 2023 07:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item