Perancangan Desain Mainan Puzzle 3D dengan System Connecting untuk Anak (Usia 5-7 Tahun) untuk Memperkenalkan Budaya Rumah Adat Indonesia

Satrio Isya Mahendra, Citto (2022) Perancangan Desain Mainan Puzzle 3D dengan System Connecting untuk Anak (Usia 5-7 Tahun) untuk Memperkenalkan Budaya Rumah Adat Indonesia. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Citto Satrio Isya Mahendra_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text
Citto Satrio Isya Mahendra_2022_BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Citto Satrio Isya Mahendra_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Citto Satrio Isya Mahendra_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Citto Satrio Isya Mahendra_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
JP_SuratKeterangan-05.ket.II.2022-Citto Satrio Isya Mahendra LOA.pdf

Download (219kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Anak anak adalah generasi pelanjut bangsa yang perlu diberikan edukasi dan pendidikan untuk masa depan. Akan tetapi dalam perkembangan teknologi masa kini anak-anak mudah tepengaruh dengan trend dari luar. Perlu diketahui bahwa Indonesia juga memiliki budaya-budaya yang sangat beragam dan perlu dijaga agar tidak hilang, maka dari itu kita perlu mengajarkan anak anak budaya Indonesia sepeti rumah adat karena bentuknya yang unik dan mudah dikenali. Ada berbagai cara untuk memperkenalkan anak dengan rumah adat Indonesia seperti belajar melalui bermain dengan mainan. Mainan dapat mengasah kecerdasan anak melalui kognitif maupun psikomotorik terutama anak berusia 5-7 tahun yang dimana masih mudah untuk menerima informasi.Tentu saja mainan memiliki berbagai bentuk akan tetapi anak anak sangat mengemari mainan puzzle 3D, mainan puzzle 3D sangat digemari karena mudah untuk dimainkan dan juga melatih kecerdasan anak dengan mengikuti instruksi yang tersedia dan mengasah memori mereka untuk menghafal langkah langkah tersebut. Dengan ini anak dapat belajar melalui mainan puzzle 3D. Maka dari itu agar mempermudah anak untuk memperkenalkan rumah adat Indonesia akan dirancangnya mainan puzzle 3D yang bertema rumah adat Indonesia dengan sistem connecting puzzle untuk membantu pembelajaran anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Satrio Isya Mahendra, Cittonim1710068027
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTrisusanto, Endronidn0021096402
ContributorJayadi, Nornidn0005087503
Department: KODEPRODI90231#DESAIN PRODUK
Uncontrolled Keywords: Puzzle 3D, Anak-Anak usia 5-7 tahun, Mainan, Rumah adat, Budaya Indonesia, Psikomotorik, Kognitif
Subjects: Desain produk
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Program Studi Desain Produk
Depositing User: Citto satrio isya mahendra
Date Deposited: 01 Mar 2022 14:54
Last Modified: 01 Mar 2022 14:56
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10933

Actions (login required)

View Item View Item