Dian Lestari, Ika (2022) Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ika Dian Lestari_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Ika Dian Lestari_2022_BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
Ika Dian Lestari_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (6MB) |
|
Text
Ika Dian Lestari_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ika Dian Lestari_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tesis berjudul “Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta” yaitu sebuah perumusan rencana strategis pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif pada subsektor kriya dengan objek penelitian jumputan agar dapat berperan lebih optimal bagi para pelaku UMKM jumputan atau masyarakat sekitar kampung wisata Tahunan Yogyakarta. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: mengindentifikasi cikal bakal proses perintisan dan dinamika pengembangan kriya jumputan di kampung wisata Tahunan, mengindentifikasi kendala pada faktor internal dan eksternal dalam mengembangkan desain, produksi dan pemasaran kriya jumputan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu etnografi, dimana peneliti tidak hanya melakukan interview dengan beberapa informan tetapi juga observasi serta berpartisipasi dalam melakukan serangkaian aktivitas produksi UMKM Sanggar Jumputan Maharani seperti mengamati, membantu jika diperlukan saat proses produksi berjalan, ikut serta mempelajari proses pembuatan jumputan. Dari banyaknya informasi yang didapat, penulis menemukan berbagai kondisi pada faktor internal dan eksternal, selain itu penulis mencoba merumuskan rantai nilai ekraf Sanggar Jumputan Maharani yang digunakan sebagai jembatan untuk menganalisa strategi pengembangan UMKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Sanggar Jumputan Maharani di kampung wisata Tahunan memiliki keunggulan dari UMKM lain di kampung wisata Tahunan. Seperti unggul dalam hal desain, kuantitas produk serta banyaknya pameran yang pernah diikuti. Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian stakeholder UMKM Sanggar Jumputan Maharani yakni: menambah koleksi desain motif sesuai dengan supply and demand serta mendaftarkan seluruh desain sebagai ciri khas Sanggar Jumputan Maharani pada HAKI, meningkatkan jumlah SDM yang kompeten dan meningkatkan produksi jumputan menggunakan metode yang menunjang seperti Lean dan Kaizen, memanfaat semua platform atau ditigal market place di era digital ini.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, UMKM Berbasis Ekraf, Kriya Jumputan, Kampung Wisata | ||||||
Subjects: | Tata kelola seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni | ||||||
Depositing User: | Ika Dian Lestari | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2022 02:49 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2022 02:49 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11057 |
Actions (login required)
View Item |