Kajian Desain Kemasan Minuman Mineral Terhadap Tingkat Keputusan Konsumen Dalam Pembelian

Harsanto, Prayanto Widyo and Suwarno, Suwarno and Jakti, Jalung Wirangga (2020) Kajian Desain Kemasan Minuman Mineral Terhadap Tingkat Keputusan Konsumen Dalam Pembelian. LPPM ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Pendahuluan_Prayanto Widyo Harsanto.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB VII Kesimpulan_Prayanto Widyo Harsanto.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Full Teks_Prayanto Widyo Harsanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Naskah Publikasi_Prayanto Widyo Harsanto.pdf

Download (245kB)

Abstract

Munculnya berbagai merek minuman mineral kemasan saat ini menimbulkan persaingan yang ketat untuk saling merebut hati konsumen. Berbagai cara telah dilakukan untuk menarik minat konsumen/pasar, salah satunya melalui desain kemasan. Desain kemasan dianggap merupakan salah satu cara yang mampu membentuk persepsi dan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli. Selain itu, persepsi yang telah terbentuk dapat membantu meningkatkan atau menurunkan citra merek suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap bentuk desain kemasan minuman mineral yang dipasarkan di Indonesia. Melalui penelitian ini pula akan diperoleh informasi yang dapat menjadi rujukan terkait desain kemasan dan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian terhadap suatu produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, didukung data quasi (kuantitatif eksperimen) dengan pendekatan estetika (desain). Melalui elemen desain kemasan seperti: warna, bentuk, merek dan logo, illustrasi, dan tipografi akan membentuk persepsi pada benak konsumen mengenai kesesuaian produk dengan kemasan. Dengan demikian, desain kemasan mempunyai kekuatan untuk mengenalkan produk pada konsumen, membantu meningkatkan keputusan pembelian, serta dapat memberikan nilai yang berkorelasi membentuk citra merek di mata konsumen

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Harsanto, Prayanto Widyonip196302111999031001
Suwarno, Suwarnonip196204291989021001
Jakti, Jalung Wirangganim1921213411
Uncontrolled Keywords: desain kemasan, minuman mineral, persepsi konsumen
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:20
Last Modified: 21 Mar 2022 08:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item