Model Pembelajaran Karawitan Jawa Berbasis Multimedia

Raharja, Budi and Samuel Biantara, Adnris (2019) Model Pembelajaran Karawitan Jawa Berbasis Multimedia. Technical Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks_Budi Raharja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I_Budi Raharja.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI_Budi Raharja.pdf

Download (124kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Laporan akhir penelitian Model Pembelajaran Karawitan Jawa Berbasis Mutlimedia melaporkan perancangan dan aplikasi mutlimdeia pembelajaran berbasis multimedia. Latar belakang dilakukan penelitian adalah proses pembelajaran praktik karawitan Jawa di jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta belum optimal. Hal itu dapat diatasi salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk merancang model pembelajarannya. Penelitian tersebut bertempat di jurusan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Penelitian dilakukan sejak bulan Maret hingga September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang tahapannya meliputi (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahanp desain produk, (3) tahap pengembangan Desain Produk, (4) tahap implementasi, (5) tahap evaluasi, dan (6) tahap penilaian produk. Sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta angkatan 2019 kelas A. Hasil penelitiannya adalah multimedai pembealajran tersebut berisi materi ajar lancaran, bubaran dan ketawang. Alat musik yang dipelajari adalah kendang, bonang barung, bonang penerus, balungan, saron penerus, ketuk, kenong, kempul, dan gong. Program terdiri atas narasi tentang penjelasan teknik memainkan ricikan-ricikan tersebut, foto posisi menabuh, dan video contoh memainkan masing-masing alat musik tersebut. Mulitmedia tersebur dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Mahasiswa dapat meningkatkan frekuensi belajarnya dengan meida tersebut yang dapat dilakukan tanpa terpengaruh ruang dan waktu sehingga mereka dapat belajar di mana dan kapan saja sehingg frekuensi belajar mereka juga bertambah, dalam waktu empat pertama mereka sudah dapat menyelesaikan materi gending lancaran dan 95,45% lulus; meningkatkan jumlah materi ajar, semula hanya dua gending menjadi tiga gending, dan jumlah peserta yang mendapatkan nilai A bertambah 15% sedangkan yang mendapat nilai C berkurang 15%. Kata kunci: karawitan, multimedia

Item Type: Monograph (Technical Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Raharja, Budinip195701121987031001
Samuel Biantara, Adnrisnim089668912544
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: karawitan, multimedia
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:02
Last Modified: 24 Mar 2022 08:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item