Strategi Pengelolaan Pelaksanaan Kongres Pertama Alumni Fakultas Seni Rupa (A.S.R.I - STSRI "ASRI" - FSR ISI Yogyakarta)

Ajeng Kirana, Dian and Oktala, Dwi (2020) Strategi Pengelolaan Pelaksanaan Kongres Pertama Alumni Fakultas Seni Rupa (A.S.R.I - STSRI "ASRI" - FSR ISI Yogyakarta). Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (742kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Akademi Seni Rupa Indonesia (A.S.R.I.), kini Fakultas Seni Rupa - Institut Seni Indonesia Yogyakarta (FSR ISI Yogyakarta), diresmikan tanggal 15 Januari 1950. Tujuh puluh tahun sudah A.S.R.I. menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan. Banyak alumnus yang telah dilahirkan dan berpengaruh di dunia seni rupa dunia. Baru pada tanggal 19 Januari 2020, FSR ISI Yogyakarta mengadakan Kongres Pertama Alumni yang melahirkan organisasi alumni yang bernama IKASRI (Ikatan Keluarga Alumni Seni Rupa ISI Yogyakarta). Bukan perkara yang mudah mengkoordinir 70 angkatan agar bisa bersepakat dalam kongres yang sangat penting ini. Acara Kongres dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian acara hari lahir 70th ASRI. Penelitian ini berjudul “Strategi Pengelolaan Pelaksanaan Kongres Pertama Alumni Fakultas Seni Rupa (A.S.R.I-STSRI “ASRI”-FSR ISI Yogyakarta)”, dengan skema penelitian dosen pemula. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana strategi pengelolaan pelaksanaan kongres pertama alumni fakultas seni rupa dalam melahirkan IKASRI? Penelitian dianalisis berdasarkan dari teori fungsi manajemen (perencanaan - pengorganisasian - pengimplementasian- pengendalian dan pengawasan). Tahapan penelitian meliputi orientasi - reduksi - seleksi -kesimpulan. Penelitian ini menjadi sangat penting karena akan menganalisis secara mendalam mengenai strategi pengelolaan/manajemen dalam proses pembentukan organisasi alumni, yang baru dilaksanakan setelah 70 tahun sebuah institusi berdiri. Dimana tujuan dari penelitian untuk mengungkapkan strategi manajemen pembentukan ikatan alumni dengan segala kendalanya. Strategi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sejenis yang melibatkan civitas FSR ISI Yogyakarta. Selain itu juga menjadi salah satu bukti dan catatan penting FSR ISI Yogyakarta dalam pembentukan organisasi alumni pertama yang legal. Hasil akhir penelitian

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ajeng Kirana, Diannip198901012018032001
Oktala, Dwinim1410023026
Uncontrolled Keywords: strategi, manajemen, kongres, alumni, seni rupa
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:50
Last Modified: 12 Apr 2022 03:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item