Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Schoology bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta

Octavianingrum, Dilla and Ambarsari, Gustirantika (2020) Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Schoology bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (640kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan merupakan salah satu program studi yang memasukkan mata kuliah kependidikan dalam kurikulum. Lulusan yang diharapkan adalah menjadi seorang Guru Seni Budaya yang dapat bersaing secara nasional bahkan internasional. Selain dibekali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pendidikan, mahasiswa tentu dibekali keilmuan seni pertunjukan yang lengkap yaitu mulai dari Seni Drama, Tari, dan Musik. Maka, tidak heran jika materi yang disampaikan pada pertemuan tatap muka sangat terbatas. Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan mengalami permasalahan pembelajaran yang dikarenakan pandemi Covid-19. Mata kuliah yang seharusnya disampaikan secara tatap muka harus dilakukan secara daring, padahal persiapan belum matang. Kejadian ini terjadi secara mendadak, bahkan untuk menggunakan pembelajaran blended learning-pun tidak dapat dilakukan, pembelajaran harus dilakukan di rumah. Salah satu aplikasi daring yang digunakan adalah Schoology. Aplikasi Schoology digunakan pada pembelajaran semester ini. Penggunaan aplikasi memudahkan dosen dalam menyampaikan materi Drama, Tari, Musik, maupun Kependidikan. Dosen dapat malakukan diskusi pada forum tersebut dan dapat mengunggah video pembelajaran. Selain itu, dosen juga dapat memberikan tugas kepada mahasiswa melalui aplikasi tersebut, mahasiswa pun akan mudah mengakses dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta dalam pembelajaran daring serta mengetahui peran, kekurangan dan kelebihan aplikasi daring Schoology. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Pada saat pembelajaran berlangsung, akan dilakukan pengumpulan data tentang hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi pembelajaran daring Schoology. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul maka akan dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data sumber dan teknik. Penelitian tentang penggunaan aplikasi daring Schoology kemudian data akan dianalisa melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu mahasiswa siap dalam melalukan pembelajaran teori tetapi kurang maksimal jika untuk pembelajaran praktik. Aplikasi ini berperan sangat penting bagi dosen maupun mahasiswa. Kekurangan aplikasi ini adalah Ketika diakses melalui smartphone sering hang sedangkan kelebihannya penggunaan lebih user friendly. Hasil tersebut dituliskan dalam bentuk artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi (Jurnal Teknodika/ URL: jurnal.uns.ac.id/Teknodika).

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Octavianingrum, Dillanip199110082018032001
Ambarsari, Gustirantikanim1810170017
Uncontrolled Keywords: Daring, Aplikasi, Schoology, Pembelajaran Seni, e-learning
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:59
Last Modified: 12 Apr 2022 03:59
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11162

Actions (login required)

View Item View Item