Anggraeni, Julaicha (2009) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Bebas Rokok Bagi Pelajar Di Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (916kB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Anak-anak khususnya remaja dan pelajar rnemiliki peranan yang sangat penting bagi majunya suatu bangsa, karena mereka adalah generasi penerus yang nantinya akan memimpin dan menentukan nasib bangsa di masa depan. Pemerintah perlu rnemperhatikan fenomena yang terjadi pada kalangan anak-anak dan remaja pada saat ini, karena tiap tahun angka perokok aktif di usia mereka semakin bertambah. Hal ini disebabkan oleh sernakin banyaknya produsen rokok yang dengan gencarnya mengiklankan produk mereka, walaupun dalam bentuk iklan terselubung yang kcbanyakan melalui sebuah event-event tertentu. lronisnya banyak kegiatan yang acaranya disponsori oleh produsen rokok, apalagi yang menyangkut kegiatan anak muda seperti acara konser musik, olah raga, kegitan sosial seperti beasiswa dan lingkungan hidup. Sernakin gencar dan kreatifnya sepak terjang produsen rokok dalam memperkenalkan produknya membuat angka perokok aktif semakin meningkat tajam bahkan sekarang menjangkau usia yang lebih muda. Di sisi lain rokok juga memberikan kontribusi pajak yang sangat besar bagi pendapatan negara. Hal ini membuat pemerintah tidak bisa maksimal dalam upaya pemberantasan budaya konsumerisme rokok di tengah masyarakat. Walaupun sudah ada undang undang tentang peraturan iklan rokok dan peraturan untuk mencantumkan bahaya rokok tiap kemasan rokok yaitu merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin, namun hal itu nampaknya tidak mempengaruhi masyarakat kita untuk herhenti mengkonsumsi produk tersebut. Remaja serta pelajar mengaku pertama kali mengkonsumsi rokok hanya coba-coba dan rasa ingin tahu yang besar, namun karena terbiasa akhirnya mereka pun menjadi kecanduan. Untuk itu iklan layanan masyarakat tentang gerakan bebas rokok harus lebih kreatif lagi dalam hal penyampaian pesan. Seperti yang kita ketahui bahwa usia remaja serta pelajar memiliki sifat tidak mau diatur dan cenderung 'semau gue'. Karenanya iklan ini nantinya dibuat semenarik mungkin sehingga mereka dapat terhimbau. Kita hanya bisa menghimbau dan mengajak mereka serta memberikan informasi tentang bahaya merokok. Kita tiduk bisa menyuruh sescorang untuk berhenti merokok, karena hal itu tergantung dari diri pribadi mereka sendiri. Namun, diharapkan iklan ini mampu menggugah pikiran mereka agar berhenti mengkonsumsi rokok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | lklan Layanan Masyarakat, Perokok Aktit: Gerakan Bebas Rokok, I'M FREE! | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 20 May 2022 01:20 | |||||||||
Last Modified: | 20 May 2022 01:20 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11259 |
Actions (login required)
View Item |