Badarwati, Badarwati (2011) Perancangan Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat "Stop Dating Violence". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (58MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah kekerasan dalam pacaran atau dikenal dengan "Dating Violence" di Indonesia, hingga tahun 2010 ini masih belum menemukan titik terang. Ini disebabkan karena beberapa hal: pertama, karena kurang seriusnya penanganan dari beberapa pihak, baik keluarga, sekolahan, perangkat hukum atau semua yang terlibat didaiamnya. Kedua, karena tidak adanya perangkat hukum yang jelas serta sanksi yang tegas untuk melindungi korban kekerasan dalam pacaran. Ketiga, penyebaran informasi tentang apa itu kekerasan dalam pacaran dan solusi penanganannya kurang tersosialisasikan secara luas dan merata kepada remaja dan masyarakat yang berpotensi menjadi korban Dating Violence Kampanye "Stop Dating Violence" dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan public akan bahaya kekerasan dalam pacaran. Disamping itu untuk membangkitkan kesadaran dan memperkecil angka korban dating violence di kemudian hari. Perancangan Komunikasi Visual Kampanye "Stop Dating Violence" di wujudkan melalui media utama dan media pendukung, yang mana semua media tersebut saling mendukung (sinergis) dan terintegritasi dalam satu kesatuan konsep yang jelas, matang dan terarah. Strategi media diarahkan pada penyampaian pesan secara komprehensif, tepat sasaran dan berkesinambungan selama rentang waktu 3 bulan (January-maret 2012). Konsep kreatif yang diterapkan dalam kampanye ini bersifat informatif, persuasif, sekaligus emosional sehingga diharapkan dapat menghujam emosi khalayak dan dapat menggerakkan hati dan sikap khalayak untuk bersama-sama mengatasi permasalahan ini. Kampanye "Stop Dating Violence"" terdiri dari 3 versi KDP, yaitu kekerasan Fisik, Psikologi, dan Sex. Pesan visual bersifat simbolis, mudah dipahami, dan mempunyai kekuatan dalam mempengaruhi psikologi khalayak sasaran. Visual ketiga versi tersebut merupakan bentuk simbolisasi dari kekerasan dalam pacaran pada remaja. Pesan verbal juga disampaikan secara simbolis dengan tujuan untuk memberikan efek emosi bagi khalayak dalam memahami isi pesan yang sebenarnya. Lay Out dibuat semenarik mungkin tanpa meninggalkan kaidah-kaidah tata desain yang baik. Rancangan iklan ditampilkan secara artistik, efisien, dan komunikatif untuk menghindari distorsi penerimaan pesan oleh khalayak sasaran. Kata kunci: iklan layanan masyarakat, dating violence, kekerasan, remaja
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | iklan layanan masyarakat, dating violence, kekerasan, remaja | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 26 May 2022 12:34 | |||||||||
Last Modified: | 26 May 2022 12:34 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11401 |
Actions (login required)
View Item |